detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 09 Jun 2019 13:40 WIB

Saatnya Pecah Telur, Praveen/Melati!

Mercy Raya - detikSport
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti diharapkan menjadi juara di turnamen bulutangkis Australia Terbuka 2019. (Wahyu Putro A/Antara Foto) Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti diharapkan menjadi juara di turnamen bulutangkis Australia Terbuka 2019. (Wahyu Putro A/Antara Foto)
Jakarta - Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti akan menjalani final ketiga mereka di tahun ini. Mereka diharapkan pecah telur di Australia Terbuka 2019.

Praveen/Melati melaju ke partai final turnamen BWF World Tour Super 300 itu setelah mengalahkan unggulan dua Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino lewat pertarungan rubber game 21-13, 12-21, dan 21-17 di Sydney Olympic Park pada Sabtu (8/6/2019).

Di partai pamungkas Minggu (9/6), mereka berebut gelar juara dengan unggulan pertama dari China, Wang Yilyu/Huang Dongping. Di atas kertas, Praveen/Melati, yang selalu kalah dalam empat kali laga, tak diunggulkan untuk menang.

Tapi, asisten pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Nova Widianto, berpesan agar Praveen/Melati harus mengurangi kesalahan yang dibuat sendiri.

"Tipe permainan pasangan China yang ini (Yilyu/Dongping) sebenarnya enggak terlalu agresive seperti Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Secara teknik juga kita enggak kalah dari mereka makanya yang penting Praveen/Melati jangan sampai banyak mati sendiri. Harus bisa mengurangi eror," kata Nova kepada detikSport, Minggu (9/6).

Nova mengakui jika selama ini pasangan unggulan enam ini terkadang masih kurang stabil dan kerap membuang poin mudah.

Bagi Praveen/Melati, ini menjadi final ketiga mereka sekaligus yang kedua bagi kedua pasangan. Kekalahan terakhir di final India Terbuka 2019. Saat itu, Praveen/Melati kalah telak dari Yilyu/Dongping dengan skor 21-13 dan 21-11.

"Mereka tahun ini sudah tiga kali final dan belum pernah juara jadi itu juga kadang bikin mereka jadi beban," ujar dia.

"Saya berharap mereka bisa bermain normal saja. Tidak perlu terlalu pikir ingin juara, yang penting usaha maksimal. Kemarin mereka main enjoy mudah-mudahan hari ini mereka bisa main maksimal," kata Nova.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com