detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 13 Jun 2019 14:35 WIB

Taufik Hidayat Terkejut Chong Wei Pensiun, tapi...

Mercy Raya - detikSport
Taufik Hidayat terkejut dengan keputusan Lee Chong Wei untuk pensiun. (MIKE CLARKE / AFP) Taufik Hidayat terkejut dengan keputusan Lee Chong Wei untuk pensiun. (MIKE CLARKE / AFP)
Jakarta - Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, memutuskan pensiun dari bulutangkis hari ini. Rival yang sekaligus sahabatnya, Taufik Hidayat, terkejut namun mengapresiasinya.

Chong Wei mengumumkan gantung raket dalam jumpa pers yang tayang di Facebook Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Kamis (13/6/2019). Bersama Menpora, Syed Saddiq Abdul Rahmad, dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, pemain berusia 36 tahun itu mengatakan berat mengambil langkah itu. Tapi, kesehatannya tak bisa diajak kompromi. Chong Wei tengah bertarung dengan kanker hidung.


Taufik, yang pernah bersama-sama Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade, menguasai persaingan elite tunggal putra dengan sebutan big four, terkejut. Apalagi, dia sudah lama sekali tidak bertemu sahabatnya tersebut.

"Tidak ada omongan (untuk pensiun). Ketemu juga sudah lama banget mungkin terakhir tahun lalu," kata Taufik kepada detikSport lewat sambungan telepon.

"Tapi, ya sebenarnya keputusan pensiun itu sudah tepat. Artinya, memang sudah harus memikirkan kesehatan dan keluarga juga," dia menjelaskan.

Keputusan Chong Wei itu memang cukup mengejutkan. Sebab, pebulutangkis 36 tahun itu sempat mendeklarasikan hasratnya untuk tampil di Olimpiade 2020. Tapi, setelah comeback dari perawatan setelah divonis menderita kanker hidung, Chong Wei tak mengikuti latihan lagi enam pekan belakangan.

"Memang sayang ya, tapi untuk sekarang ini memang yang paling penting adalah kesehatannya. Memikirkan keluarga dan dia sudah berusia juga," ujar peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena itu.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed