detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 03 Jul 2019 15:58 WIB

Demi Lolos Olimpiade, Tontowi Lahap Program Latihan Setara Praveen dkk

Mercy Raya - detikSport
Foto: dok. Humas PBSI Foto: dok. Humas PBSI
Jakarta - Ganda campuran Tontowi Ahmad berambisi lolos Olimpiade Tokyo 2020. Dia berlatih mati-matian seperti Praveen Jordan dkk untuk mendapatkan tempat.

Tontowi menjalani persiapan dari nol lagi setelah berpisah dengan Liliyana Natsir pada Januari lalu. Bersama Winny, peraih medali emas Olimpiade 2016 Rio itu membangun chemistry untuk mengumpulkan poin Olimpiade dan juara.

Namun, dari tujuh turnamen yang sudah mereka lakoni tahun ini, prestasi Tontowi/Winny belum terlalu menyodok. Hasil paling jauh yakni quarterfinal di empat turnamen. Antara lain All England, Malaysia Open, India Open, dan Spain Masters.


Dari peringkat road to Olympic, Tontowi/Winny pun terpaut jauh sekali di bawah pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Masing-masing menempati peringkat satu dan enam. Sementara Tontowi/Winny di peringkat 110. Maka, Tontowi/Winny harus berkali-kali lipat kerja keras untuk mengejar ketertinggalan.

"Itu susahnya, kadang-kadang on off, on off, tak bisa yang on terus. Masih ragu, tapi bukan ragu tentang permainannya, tapi saya kadang main itu kalau lagi pede (percaya diri) bisa on terus, tapi kadang off begitu. Dulu saya dengan ci Butet juga begitu, saya on terus, bagus terus, tapi kadang-kadang lagi off masih begitu," kata Tontowi di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

"Ya, Kakak Icad (Richard Mainaky) sih bilang maksimal saja dulu. Karena permainan saya dan Winny katanya bisa untuk bersaing di papan atas," dia menambahkan.

Keyakinan itu juga yang membuat Tontowi rela habis-habisan melahap program yang sama dengan para pelapisnya.

"Saya itu program sama semua, maksudnya latihan berat. Biasanya usia sudah 31 tahun jadi programnya dibedakan? Enggak, tetap sama. Makanya, kadang saya suka nyindir 'gile nih saya latihan dari jam 7 sampai 12 hahaha," ujar dia.

"Namun, kembali seperti yang saya bilang kemarin, sebentar lagi Olimpiade. Saya mau maksimal dulu sampai sana (Olimpiade), jika memang bisa masuk saya sudah maksimal. Jika tidak masuk pun saya juga sudah maksimal juga, yang penting latihan dulu," dia menambahkan.

"Siap bersaing dengan dua pasangan di atas. Yang penting maksimal dulu, saya tak mau muluk-muluk," kata dia.




Tonton Video Dear Calon Partner Tontowi Ahmad, Perkuat Mental & Percaya Diri!

[Gambas:Video 20detik]


Demi Lolos Olimpiade, Tontowi Lahap Program Latihan Setara Praveen dkk


Simak Video "Antusiasme Suporter di Laga Puncak Indonesia Open 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com