detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 20 Jul 2019 17:23 WIB

Tampil Beda, Wasit Indonesia Open Pakai Batik Saat Bertugas

Mercy Raya - detikSport
Wasit berbatik di semifinal Indonesia Open 2019. (Foto: Agung Pambudhy) Wasit berbatik di semifinal Indonesia Open 2019. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Indonesia Open 2019 turut menjadi ajang panitia penyelenggara untuk mempromosikan kekayaaan budaya Indonesia. Batik dikenakan ofisial pertandingan di semifinal.

Dalam pantuan detikSport, wasit-wasit yang bertugas menggunakan pakaian batik. Sementara para hakim garis mengenakan surjan lurik dan blangkon.

"Sebenarnya ini sudah lama diterapkan tiga atau empat tahun lalu. Mengapa demikian? Karena kami perlu inovasi. Lagipula ini bukan kali pertama kami membuat seperti itu, pernah juga pakai udeng," kata Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto, saat ditemui di Istora, Sabtu (20/7/2019).


Hanya, dia menambahkan, umpire tidak bisa menggunakan penutup kepala karena takut mengganggu pekerjannya. "Makanya kami hanya memberikan batik saja," ujar dia.

Tampil Beda, Wasit Indonesia Open Pakai Batik Saat BertugasFoto: Agung Pambudhy

Dijelaskan, Roedy, panggilan karib Bambang Roedyanto ini, awalnya, pemakaian batik dan blangkon sempat mendapat pertentangan dari Badminton World Federation (BWF). Sebelum akhirnya diperbolehkan.


"Awalnya iya (ditentang) tapi sekarang tidak karena batik merupakan pakaian. Lagipula dilihat di televisi wasit jadi terlihat lebih elegan. Jadi sekalian kami promosi wasit juga," dia menjelaskan.

"Selain itu, respons umpire juga mereka tak berkeberatan karena kalau ke sini pasti dapat baik. Mereka senang karena sekalian untuk oleh-oleh, dan ini cuma ada di Indonesia saja. Di All England tidak ada. Kami memang mau mengubah tradisi agar lebih seru," dia menambahkan.

Soal warna, panitia penyelenggara sengaja memilih corak merah dan biru. Hal ini tak lepas dari warna-warna sponsor di Indonesia Open, seperti Djarum dan Blibli.com.




Simak Video "Antusiasme Suporter di Laga Puncak Indonesia Open 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com