detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 02 Agu 2019 17:15 WIB

Dikalahkan Korsel, Greysia/Apriyani Gagal Pertahankan Juara Thailand Open

Mercy Raya - detikSport
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pelatih pelatnas bulutangkis ganda putri, Eng Hian, kecewa dengan hasil negatif yang dituai Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Thailand Open 2019. Dia bilang seharusnya Greysia/Apriyani melaju lebih jauh.

Greysia/Apriyani gagal mencatatkan kemenangan pada laga perempatfinal yang dilangsungkan di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Jumat (2/8/2019). Mereka dikalahkan ganda Korea Selatan, Chang Ye Na/Kim Hye Rin, dengan skor 21-9, 21-23, 19-21 dalam tempo 59 menit.

Kekalahan itu membuat Greyria/Apriyani gagal mempertahankan gelar juara turnamen bulutangkis Thailand Open. Menilik peringkat dua pasangan itu, Greysia/Apriyani, yang mendiami peringkat kelima dunia, lebih diunggulkan untuk memenangi laga atas pasangan hasil bongkar pasang asal Korsel itu.


Eng Hian menyesalkan kekalahan Greysia/Apriyani itu. Dia tak menyangka anak asuhnya bakal kalah.

"Kekalahan yang seharusnya tidak boleh terjadi, setelah unggul jauh malah jadi tertekan," kata Eng Hian melalui pesan singkatnya kepada detikSport, pada Jumat (2/8/2019).

"Mereka bermain di bawah tekanan diri sendiri dengan melupakan pola bermain yang menghasilkan poin dan berharap lawan melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," dia menjelaskan.

Kekalahan dari ganda Korea, bukan kali pertama dialami pasangan berperingkat lima BWF ini. Pada rangkaian tur Asia, sejak Indonesia Open, Japan Open, sampai di Thailand Open, Greysia/Apriyani juga disetop oleh pasangan Negeri Ginseng.

Di Indonesia Open, Greysia/Apriyani kandas di babak kedua oleh pasangan ranking sembilan BWF, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, 20-22, 21-18, 13-21. Dengan lawan yang sama, atlet Eng Hiang ini juga dikalahkan di quarterfinal dengan skor kembar 12-21.

"Peringkat bukan menjadi patokan. Banyak sekarang pasangan-pasangan baru dari gabungan pemain-pemain yang sudah berpengalaman," kata pelatih yang karib disapa Didi ini.

"Sekarang tinggal bagaimana mengubah pola pikir mereka. Mereka atlet yang butuh kemenangan secepatnya, bukan artis yang ditunggu untuk show berlama-lama di panggung," dia menambahkan.




Dikalahkan Korsel, Greysia/Apriyani Gagal Pertahankan Juara Thailand Open


Simak Video "Greysia/Apriyani Gugur di 16 Besar Indonesia Open 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED