detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Agu 2019 12:02 WIB

Ibu Kota Pindah, Indonesia Open dan Indonesia Masters Tetap di Jakarta

Mercy Raya - detikSport
Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto (Femi Diah/detikSport) Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto (Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) belum berencana untuk memindahkan turnamen ke Kalimantan Timur seiring perubahan ibu kota. Mereka bergantung dengan sponsor.

Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan Provinsi Kalimantan timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru. Keputusan itu memunculkan spekulasi Indonesia Open dan Indonesia Masters, yang biasanya dilangsungkan di Jakarta, turut pindah.

Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan sudah mendengar soal pemindahan ibu kota tersebut. Namun, dia enggan berspekulasi terkait pemindahan lokasi dua event besar mereka.


"Saya kira kalau kaitannya dengan event besar kami belum berpikir untuk mengalihkannya ke luar Jawa," kata Budiharto di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

"Sebab, sangat tergantung dari permintaan sponsor. Pihak sponsor pasti menghendaki event itu dilaksanakan di kota terbesar yang jadi sentra bisnis untuk Indonesia," dia melanjutkan.

"Saat ini kita tahu walaupun ibu kota pindah, sentra bisnis tetap ada di Jakarta. Kemungkinan besar, menurut saya untuk sementara masih akan di Jakarta," ujar dia.

Namun, dia tak menutup kemungkinan jika Kalimantan sudah lama menjadi ibu kota, event diujicobakan di sana.

"Bisa jadi. Nanti kami lihat perkembangannya seperti apa karena itu juga tergantung dengan pengembangan infrastruktur yang ada," dia menjelaskan.

Budiharto mengemukakan, dalam pertandingan internasional ada tiga aspek yang harus menjadi pertimbangan: infrastruktur, populasi, dan transportasi.

"Artinya infrastruktur menunjang tidak, kedua populasi masyarakat bagaimana? Sesuai target audiens atau tidak nggak? Ketiga, ya terkait jangkauan transportasi dan kemudahan aksesnya bagaimana," ujarnya.



Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com