detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Sep 2019 20:18 WIB

Audisi Umum 2020 Tetap Berjalan, tapi Namanya Belum Diputuskan

Mercy Raya - detikSport
Nama Audisi Umum Bulutangkis 2020 yang dilaksanakan PB Djarum masih mencari nama. (Foto: Novitasari Dewi Salusi/detikSport) Nama Audisi Umum Bulutangkis 2020 yang dilaksanakan PB Djarum masih mencari nama. (Foto: Novitasari Dewi Salusi/detikSport)
Jakarta - PB Djarum secara resmi tetap menjalankan Audisi Umum Bulutangkis pada 2020. Namun, nama ajang ini masih digodok.

Hal itu disampaikan Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, guna mempertegas soal kelangsungan audisi dan titel yang digunakan.

Sebagai gambaran, sebelumnya Menpora Imam Nahrawi, bersama PP PBSI, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan perwakilan PB Djarum telah duduk bersama untuk mencari solusi polemik antara KPAI dan PB Djarum.

Penyelenggaraan audisi umum sempat dinilai mengandung eksploitasi anak, karena mencantumkan merek, brand image rokok. Akibatnya, PB Djarum memutuskan untuk menghentikan penyelenggaraan pada tahun depan.

Namun, hal itu kemudian ditengahi dan mendapatkan solusi. Salah satunya soal penamaan yang berubah menjadi 'Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis'. Tetapi penamaan itu hanya diperuntukkan untuk audisi umum 2019. Sedangkan, tahun depan nama atau titel belum diputuskan.




"Iya tetap jalan (2020). Intinya posisi Djarum seperti di Purwokerto. Kami mau meredam polemik waktu itu turunkan di titelnya, sama di baju anak-anak. Tapi setelah itu mereka bilang zero tolerance, untuk 2020 berhenti kan. Terus dalam kenyataanya di Purwokerto masih banyak logo-logo Djarum, dari backdrop, eboard, panpel sama legend dan pelatih tetap pakai Djarum Badminton Club," kata Yoppy kepada detikSport dalam sambungan telepon, Senin (16/9/2019).

"Booth-booth penjualan juga masih banyak Djarum. Itu yang mencoba ditutupi oleh KPAI dan Menpora pada saat itu, yang ditonjolkan nih kan persepsinya salah. Jadi kami coba meluruskan itu."

"Bahwa untuk audisi umum 2020 formatnya itu lagi kami godok, jadi belum ada gambaran mengenai namanya apa dan titelnya apa untuk tahun depan."

"Karena hingga saat ini belum ketemu penggunaan nama PB Djarum dan istilah Djarum Beasiswa bulutangkis di dalam event audisi umum itu. Itu masih digodok," ujar dia.

Yoppy tak ingin berspekulasi soal kapan diputuskannya soal penamaan tersebut. Tetapi tak akan lebih dari awal tahun. "Kapan keluarnya? Itu sekitar akhir tahun setelah final selesai atau paling lambat awal tahun," kata Yoppy.




Audisi Umum 2020 Tetap Berjalan, tapi Namanya Belum Diputuskan


Simak Video "KPAI dan PB Djarum Berdamai, Audisi Jalan Terus!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com