detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 04 Okt 2019 17:21 WIB

Terinspirasi Praveen, Rinov Idamkan Emas SEA Games 2019

Mercy Raya - detikSport
Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari bertekad persembahkan medali emas SEA Games 2019. (Jung Yeon-je / AFP) Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari bertekad persembahkan medali emas SEA Games 2019. (Jung Yeon-je / AFP)
Jakarta - Pasangan Pitha Haningtyas Mentari, Rinov Rivaldy, mematok target medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Ia terinspirasi sukses Praveen Jordan dua tahun silam.

PBSI telah mengumumkan skuat bulutangkis di SEA Games 2019 Filipina. Dari 20 pemain yang dikirimkan, RinovMentari menjadi salah satu pasangan yang diturunkan di nomor ganda campuran.

Selain mereka, PBSI menurunkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Praveen memiliki bekal bagus menuju Filipina. Bersama Debby Susanto, Praveen berhasil meraih medali emas.


Meski sudah tak lagi berpasangan dengan Debby, Rinov mewaspadai seniornya tersebut.

"Kami latihan bersama-sama, saya juga harus mencari pengalaman lebih, jadi harus mencari kesempatan juga," kata Rinov di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jumat (4/10/2019).

"Tidak ada beban sama sekali, malah harus jadi dorongan kami juga untuk lebih dari mereka yang pengalaman dan lebih tinggi (prestasinya)," ujar dia.

Pemain berperingkat 19 BWF itu mengatakan untuk persiapan sejatinya tidak ada yang berbeda dengan single event. Bedanya, SEA Games mewakili kontingen negara maka fokusnya harus lebih ditingkatkan.

"Kami kembalikan ke pelatih bagaimana mereka memberikan program kepada kami. Saya sendiri berupaya untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus di lapangan," ujar dia.

"Untuk lawan juga sudah kelihatan (negara mana yang berat) jadi masih ada waktu untuk evaluasi diri (sebelum turun di SEA Games). Supaya ketika turun sudah ada modal untuk berjuang karena ini merupakan kejuaraan penting juga dan harus lebih perfoma dibandingkan turnamen lainnya," dia menambahkan.

Di SEA Games 2017, ganda campuran Indonesia gagal total. Kampiun didominasi pemain-pemain dari Thailand dan Malaysia.

"Minimal harus bisa mendapat medali. Medali apapun juga yang terpenting untuk mencari pengalaman. Bagaimana caranya menghadapi tekanan di pertandingan," katanya.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com