detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 23 Okt 2019 20:00 WIB

PBSI Akan Tagih Janji Menpora Baru soal Status Cabor Prioritas

Mercy Raya - detikSport
Foto: Antara Foto Foto: Antara Foto
Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) merespons positif pemimpin baru di Kemenpora, Zainudin Amali. Mereka berharap menpora bisa mewujudkan janji menpora sebelumnya.

Bulutangkis menjadi cabang olahraga sarat prestasi. Bulutangkis pun selalu menjadi andalan meraup medali emas di pesta olahraga, seperti SEA Games, Asian Games, maupun olimpiade.

Selain bulutangkis, panahan dan angkat besi dijadikan cabang olahraga prioritas oleh pemerintah. Tapi, sejauh ini, status prioritas itu tak bermakna apa-apa. Malah, dari Rp 30 miliar yang mereka ajukan, pemerintah hanya menyetujui sekitar Rp 14 miliar.

Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, berharap status prioritas itu diwujudkan secara riil. Dia akan menagih janji itu kepada Menpora baru.

"Tantangan besar kita ini langsung di depan mata yaitu SEA Games harus sukses, juara umum. Untuk itu, ya harus membuat pengondisian atlet dan kontingen untuk lebih optimal. Berikutnya yang lebih berat lagi adalah olimpiade. Mau tak mau Menpora harus beri prioritas khusus kepada cabor-cabor yang akan bertanding itu, dan yang sudah pasti bulutangkis," kata Budi kepada detikSport, Rabu (23/10/2019).

Prioritas yang dimaksud Budi antara lain dalam berupa dukungan fasilitas dan pendanaan.

"Karena saya mau menagih ini, pada 2016 kan dijanjikan ada tiga cabor yang dapat prioritas, yaitu bulutangkis, angkat besi, dan panahan. Nah, ini kalau bisa direalisasikan," ujar dia.

Apalagi, pihaknya juga sedang mempersiapkan diri menuju Olimpiade Tokyo tahun depan.

"Hal utamanya sarana dan prasarana, kedua pendanaan, fasilitas. Pendanaannya bagaimana? Kan untuk bisa masuk ke sana kita harus ikut pertandingan road to Olimpiade 2020," katanya.

"Kami ingin menagih janji presiden melalui menteri bahwa bulutangkis adalah salah satu cabang prioritas yang butuh perhatian dukungan dan fasilitas secara khusus supaya bisa mempertahankan medali emas," dia menjelaskan.

Simak Video "Pesan Jokowi ke Menpora Baru: Sepakbola!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com