detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Nov 2019 13:44 WIB

Target Putra di SEA Games 2019, Fokus Beregu Dulu, Tunggal Kemudian

Femi Diah - detikSport
Foto: dok. Humas PBSI Foto: dok. Humas PBSI
Jakarta - Pelatih tunggal putra pelatnas bulutangkis, Hendry Saputra, belum dapat berbicara banyak tentang target di SEA Games 2019 Filipina. Dia akan melihat penampilan Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik di kategori beregu lebih dulu.

Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mendaftarkan empat pemain tunggal putra ke SEA Games 2019. Yakni, pemilik medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Vito, dan Firman.

Masalah bagi tim Indonesia ke SEA Games, PBSI tak bisa menurunkan Anthony dan Jonatan dengan pertimbangan prioritas. Mereka lolos ke BWF Finals dan diputuskan untuk tampil di sana. Sebab, BWF Finals menawarkan poin ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Untuk kategori beregu, PBSI tetap akan mengandalkan tenaga Jonatan dan Anthony. Bagian ini bertanding lebih dulu, jadi jarak menuju BWF Finals yang bergulir 11-15 Desember dari SEA Games masih cukup lebar. Lagipula, Indonesia bertekad untuk menjaga tradisi emas beregu putra yang tak putus sejak 2007.


"Karena yang didaftarkan harus dua, cuma dua, harus diatur, siapa yang tampil di beregu dan perorangan. Akhirnya, diputuskan Vito dan Firman. Jonatan dan Anthony sudah tidak mungkin untuk tampil di perorangan Mereka harus memilih fokus ke salah satu dan diputuskan BWF Finals dengan orientasi ke olimpiade. Untuk beregu (SEA Games) masih bisa," kata Hendry yang dihubungi detikSport, Selasa (26/11/2019).

Nah, untuk nomor tunggal, mau tak mau tunggal putra hanya akan mengandalkan Vito dan Firman. Hendry menyadari tugas berat yang harus dipikul tunggal putra di SEA Games 2019.

"Saya optimistis meskipun dua-duanya, Vito dan Firman, belum pernah ikut perorangan, kalau untuk turnamen beregu jangan khawatir mereka memiliki pengalaman," ujar Hendry.

"Saya berharap mereka tidak terbebani dengan pikirkan mereka sendiri. Kalau cara main Firman dan Vito, saya tidak khawatir," Hendry menjelaskan.

"Tapi, untuk target, saya akan melihat permainan mereka di nomor beregu lebih dahulu. Kalau beregu oke saya bisa evaluasi di perorangan. Sementara belum dulu ya, nanti tunggu setelah hasil beregu," dia menegaskan.



Target Putra di SEA Games 2019, Fokus Beregu Dulu, Tunggal Kemudian




Simak Video "Sempat Cedera, Emilia Nova Sukses Sumbang Emas SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com