detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 06 Jan 2020 17:12 WIB

Ini Dia Susunan Pelatih Pelatnas Bulutangkis 2020

Femi Diah - detikSport
Minarti Timur menjadi head coach pelatnas pratama tunggal putri. (Puspa Perwitasari/Antara)
Jakarta - Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggeser posisi pelatih pelatnas di tahun 2020. Seperti apa?

Pelatnas PBSI tahun ini dihuni oleh 105 pebulutangkis. Penambahan, tahun lalu 98 atlet, terjadi di kalompok pelatnas pratama.

Untuk menangani pebulutangkis pelatnas itu, PBSI tak membuat banyak perubahan pada komposisi pelatih. Seperti yang sudah-sudah, kepala pelatih utama didampingi satu asisten pelatih begitu pula pelatih pratama akan bekerja bersama satu asisten pelatih.


Pergeseran terjadi pada pelatih sektor tunggal putri. Rionny Federik Mainaky akan didampingi Herli Djaenudin sebagai pelatih dan asisten pelatih pelatnas utama tunggal putri.

Sementara itu, Minarti Timur yang sebelumnya merupakan asisten Rionny mendapatkan tugas barus sebagai kepala pelatih pelatnas pratama tunggal putri. Minarti didampingi oleh Morico Harda.

"Kami mencoba untuk mengubah susunan agar fokus dengan target masing-masing. Untuk tunggal putri saya berharap Rionny fokus memegang atlet yang prioritas ke Olimpiade. Dia dibantu Herli agar komunikasinya lebih lancar, karena ada beberapa atlet pratama yang tahun ini naik ke utama," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, dalam rilis PBSI.

"Sementara Minarti saya turunkan menjadi pelatih pratama, karena dulu kan Minarti bisa mengantarkan Gregoria jadi juara dunia junior. Jadi saya harapkan Minarti bisa menyiapkan ke situ lagi. Jadi lebih kepada bagi tugas saja," kata Susy.

"Masing-masing bisa fokus dengan target dan program untuk diberikan kepada atlet. Karena kalau Rionny dan Minarti sama-sama pegang yang utama, saya pikir agak sayang. Hasil ini berdasarkan meeting dan masukan juga. Saya ingin Minarti bisa memegang atlet junior dan menciptakan juara baru lagi," pemilik emas Olimpiade 1992 itu menjelaskan.

Susy sekaligus menyebut tak melanjutkan kerja sama dengan Nitya Krishinda Maheswari. Tahun lalu, Nitya diperbantukan pada sektor ganda putri.

"Tahun ini dari ganda putri, untuk Nitya yang sebelumnya diperbantukan untuk melatih, tidak akan diteruskan. Karena kami mau kuota pelatihnya semua sama, empat orang setiap sektor," tutup Susy.


Berikut susunan lengkap pelatih pelatnas PBSI tahun 2020:

Tunggal Putra Utama:
1. Hendry Saputra Ho
2. Irwansyah (Asisten)

Tunggal Putra Pratama:
1. Jeffer Rosobin
2. Harry Hartono (Asisten)

Tunggal Putri Utama:
1. Rionny Federik Mainaky
2. Herli Djaenudin (Asisten)

Tunggal Putri Pratama:
1. Minarti Timur
2. Morico Harda (Asisten)

Ganda Putra Utama:
1. Herry Iman Pierngadi
2. Aryono Miranat (Asisten)

Ganda Putra Pratama:
1. Thomas Indratjaja
2. David Yedija Pohan (Asisten)

Ganda Putri Utama:
1. Eng Hian
2. Chafidz Yusuf (Asisten)

Ganda Putri Pratama:
1. Rudy Gunawan Haditono
2. Anggun Nugroho (Asisten)

Ganda Campuran Utama:
1. Richard Leonard Mainaky
2. Nova Widianto (Asisten)

Ganda Campuran Pratama:
1. Amon Sunaryo
2. Vita Marissa (Asisten)

Pelatih fisik:
1. Ary Bayu Marta (Felix)
2. Ari Subarkah
3. Ricky Susiono
4. Yansen Alpine
5. Iwan Hermawan

Ini Dia Susunan Pelatih Pelatnas Bulutangkis 2020




Simak Video "Menpora Nengok Jonatan Christie cs Berlatih Demi Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com