detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Jan 2020 13:38 WIB

Kurangi Sampah, BWF Gunakan Kok Bulu Sintetis Mulai Tahun Depan

Femi Diah - detikSport
Foto: Ben Hoskins/Getty Images
Jakarta -

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyetujui penggunaan kok dari bulu sintetis untuk turnamen resmi mulai tahun depan. Uji coba dilakukan pada tiga turnamen BWF.

Selama ini, kok dalam pertandingan resmi BWF menggunakan kok dari bulu angsa. Dengan alasan mengurangi sampah, BWF memutuskan kebijakan baru; memakai kok dari bulu sintetis.

BWF bahkan sudah memutuskan pabrikan kok yang digandeng untuk menyediakan kok bulu sintetis. Yakni, produsen apparel dari Jepang, Yonex.

"Umpan balik mengindikasikan kalau kok bulu sintetis dari Yonex lebih tahan lama dan ekonomis dibandingkan kok tradisional berbahan bulu alami, di sisi lain daya terbang dan performanya setara dengan kok dengan bulu alami," BWF menyatakan dan dikutip Reuters.

"Kok dengan bulu sintetis mengurangi penggunaan kok hingga 25 persen, memberikan keunggulan ekonomi dan lingkungan yang signifikan bagi bulutangkis ke depan," BWF menambahkan.

Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund, menyatakan para pebulutangkis elite yang terlibat dalam uji coba menunjukkan bisa beradaptasi dengan cepat terhadap kok sintetis itu.

"Visinya adalah untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang bulutangkis dan mengurangi ketergantungan menggunakan bulu alami untuk kok," kata Lund.

BWF mengatakan sedang memperbarui pedoman teknis agar produsen bisa memenuhi standar kok bulu sintetis di turnamen internasional.

Kurangi Sampah, BWF Gunakan Kok Bulu Sintetis Mulai Tahun Depan


Simak Video "Dijegal Momota, Anthony Ginting Gagal Juarai BWF World Tour Final 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com