detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 26 Jan 2020 21:06 WIB

Bertarung Empat Set, Federer Tembus Perempatfinal Australia Terbuka

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Roger Federer harus melakoni duel empat set untuk lolos ke perempatfinal Australia Terbuka (Clive Brunskill/Getty Images)
Melbourne -

Roger Federer mendapat perlawanan ketat dari petenis Hongaria Marton Fucsovics. Federer bertarung empat set sebelum lolos ke perempatfinal Australia Terbuka 2020.

Pada laga babak 16 besar di Rod Laver Arena, Minggu (26/1/2020) malam WIB, Federer sempat tertinggal 4-6 di set pertama sebelum merebut tiga set berikutnya dengan kemenangan 6-1, 6-2, dan 6-2 dalam waktu 2 jam 11 menit.

Di set pertama, Federer sempat unggul 3-3 saat memaksimalkan backhand-nya. Fucsovics perlahan terus melawan Federer dan akhirnya berbalik unggul 5-3. Federer sempat mendapat asa di gim kesembilan saat memperkecil jadi 4-5 lewat forehand.

Tapi, Fucsovics yang menang ketika kesalahan Federer membuat skor menjadi 6-4 untuk keunggulannya. Barulan di set kedua, Federer bangkit dan tak memberi ampun kepada Fucsovics.


Unggul cepat 3-0, Federer sempat terpangkas jadi 1-3 sebelum akhirnya dengan mudah memaksimalkan kesalahan lawan untuk menang 6-1.

Pada set ketiga, Federer tak terbendung untuk unggul 4-0 usai mematahkan serve Fucsovics. Lawan sempat mencuri dua angka sebelum Federer menuntaskan di game kedelapan dengan kemenangan 6-2.

Pada set keempat, Federer lagi-lagi sulit ditandingi Fucsovics untuk unggul 3-1. Fucsovics sempat memangkas jadi 2-3, sebelum tiga gim beruntun disabet Federer untuk melangkah ke perempatfinal.


"Awal yang sulit dan saya rasa Marton bermain tanpa cela. Saya mendapat perlawanan ketat, dia banyak bermain di baseline. Jadi itu membuat saya sempat drop dan saya hanya butuh waktu untuk bangkit," ujar Federer di situs resmi ATP.

Federer akan menghadapi Tennys Sandgren dari Amerika Serikat di babak perempatfinal. Sandgren mengalahkan unggulan ke-12 asal Italia, Fabio Fognini 7-6, 7-6, 6-7, dan 6-4.

Sementara itu pencipta kejutan di nomor tunggal putri, Coco Gauff, harus terhenti di babak keempat. Usai menaklukkan juara bertahan Naomi Osaka, Gauff malah kalah dari kompatriotnya, Sofia Kenin, dengan 7-6(5), 3-6, dan 0-6.

Lalu penakluk Serena Willams, Wang Qiang, juga kandas usai dibekuk petenis Tunisia Ons Jabeur dengan 6-7 dan 1-6.



Simak Video "Juara Australia Terbuka Junior, Priska: Terima Kasih Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com