detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 28 Jan 2020 15:20 WIB

Selamatkan 7 Match Point, Federer Lolos ke Semifinal Australia Terbuka

Okdwitya Karina Sari - detikSport
MELBOURNE, AUSTRALIA - JANUARY 28: Roger Federer of Switzerland plays a backhand during his Men’s Singles Quarterfinal match against Tennys Sandgren of the United States on day nine of the 2020 Australian Open at Melbourne Park on January 28, 2020 in Melbourne, Australia. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images) Mantan petenis nomor satu Roger Federer menjejak semifinal Australia Terbuka 2020. (Foto: Clive Brunskill / Getty Images)
Melbourne -

Roger Federer lolos ke semifinal Australia Terbuka 2020. Federer menghadapi tujuh match point sebelum akhirnya mengalahkan Tennys Sandgren dalam duel lima set.

Memainkan laga perempatfinal di Rod Laver Arena, Selasa (28/1/2020) siang WIB, Federer tertinggal pada tiga set awal. Namun, pemilik 20 titel Grand Slam itu berhasil memenangi dua set terakhir untuk melangkah ke babak berikutnya dalam kedudukan 6-3, 2-6, 2-6, 7-6 (8), 6-3.

Setelah gagal membendung Sandgren di set kedua dan ketiga, Federer mendapatkan titik baliknya di set keempat. Kemudian mantan petenis nomor satu itu dengan mudah menyudahi perlawanan Sandgren di set penentuan.

"Anda terkadang mendapat keberuntungan," cetus Federer di atas lapangan usai pertandingan yang dikutip dari BBC Sport. "Tujuh match point itu di luar kendaliku. Aku tadinya cuma berharap dia tidak akan membukukan winner. Kalau dia gagal di satu atau dua pukulan, siapa tahu apa yang dia sedang pikirkan."

"Dia memainkan permainannya dan aku beruntung. Seiring berjalannya pertandingan, aku menemukan ritmeku dan tekanan berkurang. Aku tidak layak menang di pertandingan ini tapi aku berdiri di sini dan sudah jelas aku sangat gembira."

Selanjutnya, Federer akan menghadapi pemenang antara unggulan 32 Milos Raonic yang akan menantang unggulan kedua Novak Djokovic, untuk memperebutkan satu tempat di final. Maestro tenis Swiss itu mencari gelar Grand Slam ke-21 dalam kariernya, atau titel Australia Terbuka ketujuh sejak juara di Melbourne pada 2018.

Di kelompok putri, petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty mulus melenggang ke babak empat besar. Petenis tuan rumah sekaligus unggulan teratas itu menang dua set langsung dari unggulan tujuh Petra Kvitova 7-6 (6), 6-2.

Barty akan ditantang petenis Amerika Serikat unggulan 14 Sofia Kenin, yang di pertandingan lainnya mendepak Ons Jabeur asal Tunisia. Kedua petenis sudah lima kali bertemu dengan Barty unggul head to head 4-1. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Prancis Terbuka 2019 yang dimenangi Barty dengan tiga set di babak keempat.



Simak Video "Juara Australia Terbuka Junior, Priska: Terima Kasih Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com