detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 01 Feb 2020 18:39 WIB

Sofia Kenin Juara Australia Terbuka 2020

Adhi Prasetya - detikSport
MELBOURNE, AUSTRALIA - FEBRUARY 01:  Sofia Kenin of the United States kisses the Daphne Akhurst Memorial Cup after winning her Womens Singles Final match against Garbine Muguruza of Spain on day thirteen of the 2020 Australian Open at Melbourne Park on February 01, 2020 in Melbourne, Australia. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images) Kenin meraih gelar grand slam pertamanya di ajang Australia Terbuka. Foto: Clive Brunskill/Getty Images
Melbourne -

Petenis Amerika Serikat, Sofia Kenin, berhasil meraih gelar perdananya di turnamen Australia Terbuka 2020. Di babak final, ia mengalahkan wakil Spanyol, Garbine Muguruza.

Di Melbourne Park, Sabtu (1/2/2020), Kenin berhasil unggul lewat pertarungan tiga set, 4-6, 6-2, 6-2. Kemenangan ini sekaligus menjadi gelar perdananya di ajang Grand Slam. Sebelumnya, atlet 21 tahun ini tak pernah menginjakkan babak final.

Setelah sebelumnya kalah di set pertama, Kenin bangkit dan membalikkan keadaan di dua set berikutnya. Di set ketiga, dalam kedudukan match point untuk Kenin, Muguruza melakukan double fault saat melakukan service, dan poin pun diberikan kepada Kenin.

Seketika Kenin langsung menjatuhkan raketnya, menutup mukanya, tak percaya bahwa ia keluar sebagai juara.

Ekspresi Kenin setelah memastikan diri menjadi juara.Ekspresi Kenin setelah memastikan diri menjadi juara. Foto: Clive Brunskill/Getty Images

"Mimpi saya menjadi kenyataan. Saya tak bisa menjelaskan perasaan saya saat ini. Sangat emosional, dan saya sudah bekerja keras. Saya bersyukur bisa berada di sini," ujar Kenin selepas laga, dikutip The Guardian.

"Mimpi yang menjadi nyata. Jika kalian memiliki cita-cita, kejarlah dan hal itu akan menjadi kenyataan," sambungnya.

Sementara itu, Muguruza tak bicara banyak. Selain memberi selamat kepada Kenin, ia memberikan ucapan terima kasihnya kepada penonton yang hadir.

"Saya harus katakan, sangat luar bisa bermain di sini, di lingkungan ini, di lapangan yang memberikanmu energi. Para penonton sungguh spesial. Kami bermain untuk kalian, dan itulah tadi pertunjukannya. Terima kasih sudah datang," ujar Muguruza.

Kemenangan ini membuat Kenin naik peringkat ke posisi tujuh dunia, sekaligus menjadi petenis AS dengan peringkat WTA tertinggi saat ini.

Ia juga menjadi pemain AS pertama selain Serena Williams yang berhasil memenangi Australia Terbuka, setelah yang terakhir dilakukan Jennifer Capriati di tahun 2002. Williams sendiri memenangi turnamen ini tujuh kali, terakhir pada tahun 2017.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Juara Australia Terbuka Junior, Priska: Terima Kasih Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com