detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 04 Mar 2020 17:18 WIB

Kembali Andalkan Christopher Rungkat di Piala Davis, Pelti Tak Bisa Move On?

Mercy Raya - detikSport
Christopher Rungkat Christopher Rungkat kembali membela Indonesia di Piala Davis 2020. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (PP Pelti) kembali mengandalkan Christopher Rungkat di Piala Davis. Dia dibutuhkan sebagai sosok pemimpin.

Pelti mematok kemenangan atas Kenya pada play off Piala Davis, World Group II, yang berlangsung di Tennis Indoor Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, 6-7 Maret. Indonesia akan diperkuat David Agung Susanto, Fitriadi M. Rifqi, Gunawan Trismuwantara, dan Christopher Rungkat.

Kembalinya Christo memunculkan pertanyaan, apakah Pelti masih belum move on dari petenis berperingkat 80 dunia di nomor ganda tersebut. Padahal mereka sudah pernah mencoba tampil tanpa Christo dalam dua edisi Piala Davis terakhir.

Pelti tak memakai Christo pada 2018 saat menghadapi Filipina dengan hasil kalah 1-4. Setahun berikutnya, Christo juga tak dibawa saat Indonesia kalah 1-3 dari Selandia Baru.

Non-Playing Captain tim Indonesia Febi Widiyanto mengatakan masuknya Christo ke tim bukan semata-mata keputusan pengurus atau tim saja. Sang atlet sendiri masih punya kemauan untuk membela Indonesia.

"Kami selalu ajukan pertanyaan ke mereka (pemain). Siap enggak main di Davis Cup? Bagi saya komposisi ini adalah terbaik," kata Febi di kawasan GBK, Senayan, Rabu (4/3/2020).

"Kalaupun tidak ada Christopher, ya itu yang terbaik. Bukan berarti kami bergantung dengan pemain. Tapi ada kemauan dari Christopher juga untuk main."

"Di lain sisi kami juga butuh leader. Jadi motivasinya pun beda. Walaupun toh dia mungkin tak main tetap ada atmosfer yang dijaga sehingga semangat tim juga tetap tinggi," ujarnya.

Namun bukan berarti Pelti tak berupaya melakukan regenerasi. Febi mengatakan hampir selalu ada pemain muda di setiap Piala Davis, yang kali ini dibuktikan dengan masuknya Gunawan.

"Memilih Gunawan ini pun bukan asal pilih. Semua ada kriteria masing-masing. Kami punya kriteria sendiri dan itu harus diikuti. Mulai dari perfoma, peringkat nasional, dan sudah pasti yang terbaik yang kami pilih," tuturnya.



Simak Video "Lebih Intim dengan Christopher Rungkat, Petenis Andalan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com