detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 31 Mar 2020 19:00 WIB

Isolasi Mandiri di Cipayung, Fajar Alfian Cs Cuci Baju Sendiri

Mercy Raya - detikSport
Berkenalan Dengan Arsitek Ganda Putra Bulutangkis Indonesia

Pelatih bulutangkis ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi memberikan arahan kepada pebulutangkis ganda campuran  di Pelatnas, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (28/3/2018). Pelatih yang dijuluki dengan Pelatih Naga Api ini dipercaya oleh PBSI untuk mengarsiteki tim ganda putra. Grandyos Zafna/detikcom Ilustrasi pelatnas Cipayung. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

PP PBSI menerapkan aturan ketat selama para pebulutangkis menjalani isolasi mandiri di Pelatnas Cipayung. Selain dilarang keluar, Fajar Alfian cs juga harus cuci baju sendiri.

Tim All England hampir dua pekan sudah menjalani karantina virus corona di Pelatnas PBSI, Cipayung. Isolasi mandiri dilakukan untuk memastikan seluruh atlet dan ofisial dalam keadaan sehat ketika bertemu keluarganya kelak.

Belakangan, pada 25 Maret, PBSI kembali mengeluarkan surat keputusan dengan membolehkan pebulutangkis kembali ke rumah. Dengan catatan kondisi si atlet dalam keadaan sehat.

"Kalau di asrama berarti diisolasi," kata Kepala bidang Pembinaan Prestasi Olahraga PBSI Susy Susanti kepada detikSport lewat sambungan telepon.

"Tidak boleh keluar dan lebih mandiri sebab cleaning service dan tukang cuci segala macam (kami) liburkan. Istilahnya mereka harus mandiri," ucapnya.

Begitu pula jika ada atlet yang memilih untuk menjalani karantina di rumahnya masing-masing. Peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona ini menegaskan, hal itu menjadi tanggung jawab si atlet dan keluarganya.

"Kami kan tidak tahu jika mereka mau keluar atau bagaimana. Kami tidak bisa pantau. Jadi paling yang di luar koordinasi by aplikasi WhatsApp saja. Seperti itu arahannya," ujar Susy menjelaskan.

98 persen atlet, baik yang dari All England maupun atlet pratama, disebut Susy lebih memilih tinggal di asrama agar berada di pengawasan PBSI. Hanya empat atlet yang kembali ke rumah karena sudah berkeluarga, di antaranya Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan.

"Yang ada di Pelatnas tetap melakukan latihan setiap hari tapi tidak ada program tepat yang diberikan. Saat ini kesehatan dan keselamatan atlet yang utama. Jadi bebas aktif. Mungkin ada yang kebutuhan service, stroke, kan biasanya tiga program, ini cuma satu program, jaga performance saja jangan sampai drop, jaga feeling," tuturnya.



Simak Video "Fajar/Rian Tersingkir di Indonesia Open: Banyak Error!"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com