detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 07 Apr 2020 14:33 WIB

Ranking Bulutangkis Dibekukan, Bagaimana Kesepakatan dengan Sponsor?

Mercy Raya - detikSport
Kejuaraan Beregu Bulutangkis Asia 2020 - Indonesia Ranking Dibekukan, Bagaimana Kesepakatan Atlet dengan Sponsor? (dok.PBSI)
Jakarta -

Usai membatalkan sejumlah turnamen, Federasi Bulutangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) membekukan ranking dunia para atlet. Situasi ini pun ikut mempengaruhi kesepakatan dengan sponsor. Apa solusinya?

BWF mengumumkan adanya pembekuan ranking, termasuk ranking kelas junior (U-19). Ranking dibekukan hingga waktu yang belum ditentukan.

Sementara ranking dunia yang berlaku adalah mulai 17 Maret 2020. Hal itu pula yang akan menjadi acuan untuk pendaftaran dan penentuan seeded pada turnamen berikutnya. Meskipun sampai kini belum ditetapkan waktunya.



Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan, langkah yang diambil BWF adalah keputusan bijak. Meskipun dia tak menepis akan mempengaruhi kesepakatan dengan sponsor.

Untuk diketahui, tiap sponsor memiliki kesepakatan dengan atlet. Di dalam kontrak tertulis bahwa si atlet harus mengikuti sejumlah turnamen dalam satu tahun, target yang harus dicapai, dan ranking tertentu.

Perubahan jadwal turnamen tentu mempengaruhi tiga hal tersebut. Merespons itu, Budiharto mengatakan akan mencari solusi.



"Saya rasa freeze rangking ini adalah keputusan yang bijak dari BWF. Kami bisa memahami ini menjadi concern bagi para pemain," Budiharto dalam rilis yang diterima detikSport.

"Terkait dengan sponsor kami memahami apa yang menjadi kesepakatan. PBSI akan membantu para atlet untuk mencari win-win solution ke pihak sponsor," ujarnya.



Simak Video "Sebelum Pensiun, Tontowi Ahmad Berstatus Magang di Pelatnas"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com