detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 09 Apr 2020 18:33 WIB

Masih Ada Pelatnas Bulutangkis, PBSI Minta Dispensasi PSBB

Mercy Raya - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - MARCH 10: A shuttlecock is seen on the court in between games during Day 6 of the Yonex All England Badminton Open at NIA Arena on March 10, 2013 in Birmingham, England. (Photo by Ben Hoskins/Getty Images) Masih Ada Pelatnas Bulutangkis, PBSI Minta Dispensasi PSBB. (Foto: Ben Hoskins/Getty Images)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) mengajukan permohonan rekomendasi kepada Menpora Zainudin Amali, terkait dispensasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

DKI Jakarta akan memberlakukan PSBB mulai Jumat (10/4/2020) untuk memutus rantai penularan penyakit COVID-19. Beberapa fasilitas umum pun bakal ditutup, tidak terkecuali gedung olahraga.

PBSI sampai kini terus menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Cipayung, Jakarta Timur. Di tempat itu, Kevin Sanjaya cs masih menjalani rutinitas latihan meski programnya tetap dibatasi.

Menyikapi keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, PBSI melalui Sekretaris Jenderal Achmad Budiharto pun mengajukan permohonan dispensasi kepada Kemenpora.

"Hari ini kami kirim pengajuan dispensasi itu kepada Menpora (Zainudin Amali) agar pelatnas dengan kondisi khusus ini tetap berjalan," kata Budiharto kepada detikSport, Kamis (9/4/2020).

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali berharap federasi tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan atlet serta pelatih. Sebab, prestasi bisa dijalankan nanti.

"Kita harus patuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kalau dinyatakan tidak bisa maka jangan memaksakan diri. Yang paling penting sekarang diutamakan adalah kesehatan dan keselamatan para atlet, pelatih, dan ofisial," kata Amali, terpisah.

"Yang lain, kita urus setelah wabah virus Covid-19 ini selesai. Pelatnas kan tujuannya untuk prestasi atlet, tapi kalau sampai atlet atau pelatihnya sakit, apalagi jika penyakitnya membahayakan jiwa berarti sia-sia melakukan pelatnas. Kalau tak selamat maka prestasi tak mungkin diraih dan kita semua yang rugi," ujarnya.



Simak Video "PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang hingga 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com