detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 08 Mei 2020 18:20 WIB

Pelatnas NPC Disetop, Atlet Para Badminton Ini Pilih Tetap di Solo

Mercy Raya, Mercy Raya - detikSport
Para atlet Indonesia Oktila Leani Ratri meraih medali perak. Medali itu diraih Oktila dari cabang olahraga Bulu Tangkis Putri SL 4. Leani Ratri Oktila tetap di Solo kendati pelatnas NPC diliburkan. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

Atlet para badminton Leani Ratri Oktila memutuskan tetap tinggal di Solo meskipun pelatnas NPC disetop. Dia tak mau latihannya jadi sia-sia jika hanya berada di rumah.

NPC memulangkan atletnya secara bertahap sejak 5 April lalu. Keputusan itu seiring dengan dimundurkannya Olimpiade dan Paralimpade menjadi tahun depan.

Tapi tak semua atlet mau dipulangkan. Termasuk Ratri yang memilih menetap dengan pertimbangan kondisi.

"Saya tetap tinggal di Solo untuk menjaga perfoma dan latihan seperti biasa. Sebenarnya, saya bisa pulang ke Pekanbaru, tapi tak akan maksimal jika latihan di rumah. Apalagi sudah setahun penuh saya latihan dan tak pernah kendor, kemudian pulang kan sayang," kata Ratri dalam perbincangan dengan detikSport, Jumat (8/5/2020), melalui telepon.

Memang, sebut Ratri, awalnya keluarga tak setuju. Tapi setelah dijelaskan dengan rinci, kedua orang tuanya akhirnya mempercayakan dirinya tetap tinggal di NPC.

"Ya, akhirnya keluarga lebih percaya saya di sini. Toh, kontak fisik saya dengan orang tak banyak. Mereka juga tahu persis kalau saya tak latihan suntuknya pasti luar biasa," tuturnya.

Beruntung peraih medali emas Asian Games 2018 ini tak sendiri. Beberapa atlet difabel lainnya juga memutuskan hal serupa, yakni dari cabang tenis meja.

"Pelatih juga kadang datang bergantian untuk melihat kami di lapangan. Kami diberikan program melalui aplikasi terkait aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Misalnya kardio dulu, games, atau segala macamnya," katanya.



Simak Video "Chelsea Kepincut Jesus Corona dari Porto"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com