detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 18 Mei 2020 21:30 WIB

Tontowi Ahmad Ungkap Rencana Terdekat Setelah Pensiun

Mercy Raya - detikSport
Owi Butet Menjuarai Ganda Campuran BCA Indonesia Open 2017

Pebulutangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliana Natsir menghadapi ganda campuran dari China Zheng Siwei/Chen  Qingchen dalam babak final BCA Indonesia Open 2017 yang digelar di JCC, Jakarta, Minggu (18/06/2017). Owi/Butet berhasil menjadi juara BCA Indonesia Open 2017 dikelas ganda campuran setelah mengalahkan pasangan China dalam 2 set langsung 22-20 21-15. Grandyos Zafna/detikcom Tontowi Ahmad Ungkap Rencana Terdekat Setelah Pensiun (Grandyoz Zafna/detikSport)
Jakarta -

Tontowi Ahmad tak ingin terburu-buru menentukan rencana ke depan setelah resmi pensiun. Dia ingin menikmati masa-masa beristirahat dengan keluarga.

Melalui unggahan media sosial Instagram, Tontowi Ahmad menyampaikan selamat tinggal pada karier bulutangkis yang membesarkan namanya. Pemain berusia 32 tahun itu memutuskan pensiun setelah merasa prestasinya telah cukup dalam dunia bulutangkis.

Bagi Tontowi, keputusan tersebut sudah membuatnya lebih lega. Setelah Februari lalu isu dia mundur dari pelatnas sempat mencuat lewat pengakuan pelatih ganda campuran, Richard Mainaky.

"Kalau untuk pensiun sebenarnya sudah terpikirkan waktu zaman Butet (Liliyana Natsir) pensiun. Apakah pensiun atau tidak? Tapi dukungan keluarga masih ingin saya main dan sekaligus membuktikan masih bisa tidak tanpa Butet," kata Tontowi dalam jumpa persnya di aplikasi Zoom, Senin (18/5/2020).

"Tapi sampai ke sini tak memungkinkan lanjutkan karier saya. Akhirnya minta bicara dengan keluarga dan mereka mengizinkan saya pensiun," ujarnya.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat meraih emas di Olimpiade 2016, BrasilTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat meraih emas di Olimpiade 2016, Brasil (REUTERS/Mike Blake)



Meski sudah resmi berhenti, Tontowi Ahmad ternyata belum memikirkan lebih jauh soal aktivitasnya kelak. Dia ingin menikmati masa-masa santainya dulu.

"Rencana di luar bulutangkis ya mungkin berbisnis. Tapi untuk sekarang ini masih belum terpikirkan. Saya sedang menikmati masa pensiun, jika waktu pensiun ini sudah saya lewati, mungkin sebulan dua bulan akan saya jalani (bisnis)," ungkap pria kelahiran 18 Juli 1987 ini.

"Harapan saya memang setelah selesai badminton ini adalah ingin sukses di bidang lain. Jujur kalau di bulutangkis kan sudah dapat golnya. Nah, sekarang saya juga mau sukses bangun bisnis di bidang properti. Mertua saya punya resort atau hotel, mungkin saya akan ke arah sana jika sudah siap," dia menambahkan.

Meski begitu, Tontowi juga tak lantas melupakan aktivitas latihan sebagai atlet. "Berhenti total bulu sih enggak, saya masih cari keringat, latihan," katanya kemudian tertawa.



Simak Video "Keluarga, Alasan Utama Tontowi Ahmad Pensiun dari Bulutangkis"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com