detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 24 Mei 2020 14:35 WIB

Tak Ada Acara Khusus, Fajar Alfian cuma Foto Bareng Rayakan Lebaran 2020

Mercy Raya - detikSport
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan rekannya Muhammad Rian Ardianto mengembalikan kok ke arah lawannya ganda Denmark Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen dalam babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Ganda putra unggulan kelima itu lolos ke semi final usai mengalahkan Kim dan Anders dengan skor 18-21, 21-13, dan 21-17. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
  *** Local Caption *** Fajar Alfian merayakan Lebaran 2020 cuma dengan foto bersama. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Fajar Alfian ikut merayakan Lebaran 2020 yang bertepatan hari ini. Tapi tak ada acara khusus, cuma berswafoto saja.

Hari Idul Fitri adalah momen berkumpulnya setiap anggota keluarga di rumah untuk merayakan hari kemenangan. Akan tetapi, tahun ini berbeda untuk Fajar Alfian dkk.

Mereka terpaksa merayakan Lebaran tahun ini di pelatnas PBSI, Cipayung. Pemerintah secara resmi menerbitkan surat larangan mudik pada 24 April lalu untuk memutus mata rantai penularan penyakit COVID-19.

Selain itu, PBSI juga melarang atletnya untuk keluar dari pelatnas karena karantina tertutup masih tetap berlaku. Imbasnya tak ada perayaan spesial seperti tahun-tahun sebelumnya bersama keluarga.

"Suasananya yang pasti berbeda dengan di rumah. Setelah salat Id biasanya berkunjung ke rumah saudara-saudara. Tapi kalau sekarang cuma bisa sekali dua kali foto bersama teman-teman untuk menghilangkan bosan saja," kata Fajar kepada detikSport, Minggu (24/5/2020).

"Acara khususnya tak ada. Tapi setelah salat Id ada fans yang ngasih makanan ketupat opor dan lain-lain. Jadi bisa makan bareng," dia menambahkan.

Meskipun melarang atletnya keluar, para pebulutangkis masih diizinkan menerima kunjungan dari orangtua dan keluarganya di waktu Lebaran. Hanya saja dibuat terbatas dan menyesuaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) PBSI.

"Iya katanya boleh mengunjungi. Dari keluarga tidak ada yang datang karena saya yang minta. Kasian keluarga saya dari Bandung dan jaraknya lumayan daripada berisiko," dia menjelaskan.

"Tapi tadi sudah video call dengan orang tua meskipun tidak berani lama-lama ha.ha.ha. Soalnya jadi ingin pulang kalau melihat suasana keluarga di rumah," tutur pemain berusia 25 tahun ini.

Fajar pun menyisipkan doa khusus di momen Lebaran tahun ini. Peraih medali emas SEA Games 2017 Malaysia ini berharap tetap diberi kesehatan dan wabah virus corona cepat berlalu.

"Soalnya saya ingin pulang dulu (ke Bandung). Meskipun selalu video call tetap saja rasanya (ada) yang kurang saja," ujarnya.



Simak Video "Soal Sanksi Penuh Berlaku Hari Ini, Kemenhub: Kewenangan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com