detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 04 Jun 2020 10:12 WIB

Profil Minarni Soedarjanto dan Deretan Prestasi 'Sang Ratu Bulutangkis'

Puti Yasmin - detikSport
Minarni Foto:Google/Profil Minarni Soedarjanto dan Deretan Prestasi 'Sang Ratu Bulu Tangkis'
Jakarta -

Nama Minarni Soedarjanto di dunia bulutangkis sudah sangat dikenal. Ia memiliki segudang prestasi sejak di usia muda. Nah, seperti apa biografi Minarni Soedarjanto?

Berkat prestasinya juga, pada 2019 lalu sosoknya pernah dijadikan Google Doodle. Hal itu juga memperingati ulang tahun ke-75 atau 75th birthday Minarni Soedarjanto.

Berikut profil Minarni Soedarjanto:

1. Debut Atlet di Usia 13 Tahun

Minarni masuk ke dalam dunia bulu tangkis dengan debut kejuaraan di usia yang sangat muda, yakni 13 tahun. Karier wanita yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur ini langsung melejit karena kemampuannya.

2. Gabung Timnas

Pada tahun 1959 atau saat berusia 15 tahun, Minarni meraih title pertama di Kejuaraan Nasional Bulutangkis di Malang. Di tahun yang sama, Minarni bergabung ke dalam Timnas dan mulai menjadi salah satu pemain dalam Piala Uber 1960.

Namanya pun rutin menjadi bagian dari skuat Piala Uber serta berhasil menjadi juara.

3. Deretan Prestasi

Minarni dipercaya menjadi pemain bulu tangkis dua nomor sekaligus, yakni tunggal dan ganda putri. Berkat itu ia meraih juga banyak gelar juara, mulai All England, Malaysia Terbuka, AS Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, dan Piala Uber.

Pada Asian Games di tahun 1962 ia meraih juara dari nomor tunggal putri. Kemudian, ia juga mendapatkan medali emas di sektor ganda putri bersama Retno Koestijah.

Kemudian, pada kejuaraan All England ia menjadi pebulutangkis putri Indonesia pertama yang berhasil masuk ke babak final 1968. Bersama Retno Koestijah ia berhasil menjadi juara di ganda putri.

Di tahun 1975, Minarni Soedarjanto bersama tim Indonesia yang lain, Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Sumirah, dan Regina Masli berhasil memperoleh Piala Uber pertama kalinya untuk Indonesia setelah mengalahkan Jepang.

4. Jadi Pelatih

Usai mencapai ambisinya mendapatkan Piala Uber untuk Indonesia, Minarni memutuskan untuk pensiun. Ia pun sibuk menjadi seorang pelatih dan aktif dalam Pelatnas dan organisasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

5. Meninggal Dunia di Usia 59 Tahun

Minarni Soedarjanto menghembuskan napas terakhir pada tahun 2003 lalu di usia 59 tahun. Ia diketahui menderita komplikasi radang paru-paru dan lever dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.



Simak Video "Lin Dan Resmi Gantung Raket"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com