detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 31 Jul 2020 13:44 WIB

PBSI Izinkan Atlet Pelatnas Pulang ke Rumah, tapi Ada Syaratnya

Mercy Raya - detikSport
Social distancing Greysia Polii di pelatnas Cipayung PBSI mengizinkan atlet pelatnas pulang ke rumah untuk bertemu keluarga di Idul Adha. (Foto: Dok. PBSI)
Jakarta -

PP PBSI memberi libur kepada atlet pelatnas selama Idul Adha. Mereka juga mengizinkan para pebulutangkis pulang ke rumah, tapi dengan syarat khusus.

Sejak pandemi virus Corona muncul, induk organisasi bulutangkis terbesar di tanah air itu menerapkan aturan ketat ke pemain. Hal ini tentu untuk menjaga kesehatan atlet.

Sejumlah atlet terpaksa tidak pulang ke rumah untuk menjaga kondisinya tetap fit. Kini, menyusul penerapan new normal, PBSI mulai memberikan izin kepada atletnya yang ingin kembali ke rumah.

Termasuk saat merayakan Idul Adha, yang jatuh pada Jumat (31/7/2020). PBSI memberikan izin bagi atletnya yang ingin bertemu keluarga.

"Artinya kalau mereka-mereka (atlet) yang sudah lama tidak bertemu keluarga, dan izinnya pulang ke rumah, tidak kemana-mana (ya boleh)," kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, kepada detikSport.

"Tapi prioritasnya ketemu keluarga, lho, ya. Karena kalau sampai ke luar kota, mereka harus karantina dulu. Selain itu, kalau mau pulang, proses perizinannya juga tak mudah," ujarnya.

Budiharto menyebut ada tiga lapis izin yang harus dilewati Praveen Jordan dkk. Pertama harus ada surat izin kepala pelatih sektor, dokter pelatnas PBSI, dan terakhir izin dari Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

"Jika dari pelatih dan dokter memberi izin, tapi kabid binpres tidak. Tetap tidak bisa pulang. Tapi mereka sih rata-rata masih ada di asrama karena kalau mau pulang prosesnya tidak mudah. Artinya, secara prinsip sama. Kalau mereka kangen rumah, ya boleh, tapi izinnya yang tiga lapis tadi," imbuh dia.

Diketahui, para pebulutangkis sudah berada di asrama sejak 15 Maret lalu, atau selepas All England 2020. Mereka juga masih menjalani karantina mandiri.

Kevin Sanjaya dkk dipastikan tidak akan menjalani turnamen ke luar negeri hingga September mendatang. Menyusul pembatalan jadwal baru yang dilakukan oleh BWF terhadap empat turnamen, yaitu Taipei Open, Korea Open, China Open, dan Japan Open.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com