detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 06 Nov 2020 17:33 WIB

Agung Firman Sampurna Ketua Umum PBSI Periode 2020-2024

Mercy Raya - detikSport
Agung Firman Sampurna terpilih sebagai Ketum PBSI 2020-2024. Agung Firman Sampurna terpilih menjadi Ketum PBSI 2020-2024. (Foto: dok.PBSI)
Jakarta -

Agung Firman Sampurna resmi menahkodai Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia periode 2020-2024. Ketua Badan Pemeriksa Keuangan itu terpilih secara aklamasi.

Berdasarkan laporan verifikasi Tim Penjaringan di Musyawarah Nasional PBSI yang berlangsung Jumat (6/11/2020), Agung menjadi satu-satunya pilihan pemilik suara. Berdasarkan hasil verifikasi Agung mengantongi 23 surat suara yang saha, dari 29 surat yang ia berikan.

"Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan tim penjaringan sebanyak enam surat dukungan yang diajukan Agung tidak sah. Keenam surat dukungan itu dari Nusa Tenggara Barat, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Jambi, dan Maluku Utara," kata Ketua Tim Penjaringan Edi Sukarno.

Sedangkan pesaing Agung, Ari Wibowo, yang juga Ketua Umum Pengprov Banten, tak lolos persyaratan dari Tim Penjaringan Pemilihan Ketum PBSI karena minimal bakal calon harus memenuhi 10 surat dukungan dari Pengurus Provinsi.

Dengan hasil tersebut, Agung maju sebagai calon tunggal dan secara otomatis menang aklamasi sebagai Ketua Umum PP PBSI menggantikan Wiranto.

Meski melenggang mudah sebagai Ketua Umum, Agung sejatinya sudah ditunggu tugas berat. Dalam hitungan kurang dari setahun, kepengurusannya akan menghadapi berbagai event-event besar.

Pekerjaan rumahnya mulai dari All England hingga Olimpiade Tokyo yang berlangsung 23 Juli-8 Agustus 2021. Jauh sebelum menatap itu, PBSI juga masih harus berkutat dengan kelolosan atletnya ke multiajang olahraga terbesar empat tahunan tersebut.

Sampai saat ini yang sudah aman ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, serta ganda campuran Praveen Jordan/Mwlati Daeva Oktavianti.

Pada kejuaraan beregu, PBSI kepengurusan baru juga diharapkan bisa membawa pulang dua piala supremasi Thomas dan Uber pada tahun depan. Terakhir kali Indonesia meraih juara Piala Thomas pada 2002 dan Piala Uber pada 1996.

Namun, sampai kini BWF belum mengumumkan jadwal pasti usai diputuskan ditunda pada Oktober lalu. Merujuk pada website BWF, 2021 juga akan menggelar Piala Sudirman pada 23-30 Mei.

Kini, aksi Agung dan kepengurusannya di PBSI empat tahun ke depan ditunggu masyarakat bulutangkis. Termasuk yang paling utama mempertahankan tradisi emas Olimpiade di Tokyo pada Juli mendatang.

Biodata Agung Firman Sampurna

- Lahir : 17 November 1971

- Pendidikan

- SMA Negeri 1 Plaembang

- Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya-Inderalaya (1996)

- Pasca sarjana program studi Administrasi dan Kebijakan Publik, Universitas Indonesia (1998)

- Pasca sarjana (S3) program studi adminitrasi dan kebijakan publik, Universitas Indonesia (2011)

Karier

- Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 2019 - 2022

- Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 2014-2019

- Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 2013-2014

- Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 2012-2013

- Fungsional Umum pada pusat kajian Manajemen Kebijakan LAN- RI

- Fungsional Umum pada Pusat Kajian Sumber Daya Aparatur LAN-RI

- Kepala Sub Bagian Program Sekretariat KPUD Sumatra Selatan, 2004-2005

- Staf. Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin

- Plh. Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik Kabupaten Musi Banyuasin

- Staf bagian Organisasi dan Tata Laksana Setwilda Tk.II Kabupaten Musi Banyuasin, 1998-1999



Simak Video "BPK Beberkan 13 Masalah Laporan Keuangan Pemerintah Pusat"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com