detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 15 Des 2020 07:30 WIB

Masih Cedera Lutut, Federer Diragukan Tampil di Australia Terbuka 2021

Adhi Prasetya - detikSport
CAPE TOWN, SOUTH AFRICA - FEBRUARY 07: Roger Federer of Switzerland during the Match in Africa between Roger Federer and Rafael Nadal at Cape Town Stadium on February 07, 2020 in Cape Town, South Africa. (Photo by Ashley Vlotman/Gallo Images/Getty Images) Federer masih menderita cedera lutut. Foto: Getty Images/Gallo Images
Jakarta -

Roger Federer masih belum sembuh dari cedera lutut yang dideritanya. Petenis asal Swiss itu kini ragu bisa tampil di Australia Terbuka tahun depan.

Federer, yang kini sudah 39 tahun, belum lagi bermain sejak menjalani operasi Februari lalu. Turnamen terakhir yang ia ikuti adalah Australia Terbuka 2020, di mana ia terhenti di babak semifinal oleh Novak Djokovic.

Meski sudah menjalani operasi kedua pada pertengahan tahun ini, namun rupanya proses pemulihan Federer berjalan lambat. Bahkan sekalipun start Australia Terbuka jadi diundur dari 19 Januari ke 8 Februari 2021, ia tetap tak yakin bisa kembali tepat waktu.

"Saya sebetulnya berharap sudah pulih 100 persen di bulan Oktober lalu, tapi ternyata sampai sekarang pun belum. Mepet sekali dengan Australia Terbuka," kata Federer, dikutip The Guardian.

"Saya berpacu dengan waktu untuk bisa turun di Australia Terbuka. Saya penasaran apakah turnamen jadi dimulai pada 8 Februari. Jika memang diundur, jelas saya akan terbantu karena punya waktu lebih banyak," sambung pemilik enam gelar Australia Terbuka itu.

Jika terpaksa absen di Australia Terbuka, prioritas Federer adalah pulih dan bisa tampil di Wimbledon, AS Terbuka, dan Olimpiade Tokyo, yang semuanya digelar pada musim panas.

Khusus ajang yang terakhir, hanya itulah yang belum pernah dimenangi Federer di kategori tunggal putra, di mana pencapaian terbaiknya adalah meraih medali perak pada tahun 2012, usai dikalahkan Andy Murray.

(adp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com