detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 05 Jan 2021 17:10 WIB

Jadi Kabidbinpres PBSI, Rionny Mainaky Siap Melayani

Mercy Raya - detikSport
Pelatih Putri Bulutangkis Indonesia Rionny Maniaky Jadi Kabidbinpres PBSI, Ronny Mainaky siap melayani. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Rionny Mainaky didapuk menjadi Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI. Ia siap melayani meski tanggung jawabnya berat.

Rionny resmi menjabat posisi strategis prestasi setelah Agung Firman Sampurna, Ketua Umum PBSI periode 2020-2024, mengumumkan daftar susunan kepengurusannya yang baru.

Adik dari Richard Mainaky itu pun telah memulai tugasnya sejak keberangkatan skuad Merah-Putih ke Thailand pada 4 Januari kemarin. Peran Rionny diharapkan bisa memberi impact besar bagi kepengurusan PBSI yang baru.

Terlebih pengalamannya selama 23 tahun ikut membidangi klub dan tim nasional Jepang, serta sudah menjadi pelatih di Indonesia nyaris dua tahun terakhir. Hal itu bisa menjadi bekal tersendiri dalam kinerjanya dalam memajukan bulutangkis Indonesia.

Lantas seperti apa perasaan Rionny setelah resmi menjabat?

"Ini adalah sebuah tantangan baru bagi saya. Jabatan baru tersebut sangat menantang bagi saya. Dulu saya pernah menjadi pelatih dan kemudian menjadi pelatih kepala di Jepang. Tugas saya adalah melayani. Di sini pun sama," kata Rionny dalam rilis yang diterima detikSport.

"Terus terang memang agak kaget juag saya mendapat posisi itu dan lama saya pertimbangkan. Mengapa saya yang menjadi Kabidbinpres, kenapa bukan dari pelatih ganda putra atau pelatih lain yang lebih matang? Apalagi terus terang saya sendiri masih berjuang untuk pelatih," dia mengungkapkan.

"Tapi saya pikir karena sudah kembali ke sini, saya ingin berbuat sesuatu. Saya pun punya pengalaman melatih di semua sektor saat di Jepang. Selain itu, pelatih-pelatih di sini pun sudah memiliki banyak pengalaman, pemainnya juga sudah teruji. Jadi bisa bekerja sama tanpa mengganggu program latihan yang sudah ada," ujarnya menyoal akhirnya menerima jabatan tersebut.

Sebagai Kabidbinpres, Rionny bertugas tidak hanya terfokus di Pelatnas PBSI, tapi juga harus mengurus pembinaan bulutangkis di seluruh Tanah Air, salah satunya daerah. Rionny telah menyadari itu.

"Memang tugas Kabid Binpres seperti itu. Tak hanya menangani di Pelatnas Cipayung ini. Cuma kalau misalnya saya nanti dibantu dengan staf ahli segala macam, mungkin bisa membantu dan meringankan tugas saya. Tapi kalau untuk menjadi pelatih, saya lebih suka. Saya memang suka membimbing dan melatih anak-anak."

"Memang tugas saya ini tidak gampang karena harus berbagi konsentrasi antara pelatnas dan daerah. Tetapi, sepanjang program dan tujuan di daerah itu jelas, saat-saat tertentu saya pun bisa ke daerah. Saya senang jalan keliling Indonesia," tuturnya.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com