detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Jan 2021 12:11 WIB

Strategi Ahsan/Hendra Sukses Lewati Ganda India

Mercy Raya - detikSport
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juara dunia 2019 Ilustrasi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Foto: dok. Humas PBSI
Jakarta -

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan baru saja memastikan tiket perempatfinal Yonex Thailand Open usai menekuk pasangan India. Mereka mengungkap strateginya.

Bermain di Impact Arena, Thailand, Kamis (14/1/2021), Ahsan/Hendra berjumpa Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di babak 16 besar. Mereka menang usai melakukan permainan straight game dengan skor 21-19, 21-17. Laga berakhir dalam tempo 34 menit.

"Mereka (Rankireddy/Shetty) merupakan pasangan yang bagus. Mereka memiliki serangan dan pukulan smes yang bagus. Jadi strateginya sebenarnya bagaimana mengetahui di mana harus meletakkan shuttle di antara mereka saja," kata Ahsan seperti dikutip detikSport dari BWF.

Hal serupa diungkapkan Hendra. Menurutnya, di awal game mereka sempat mencari strategi yang tepat untuk mengalahkan permainan India. Setelah itu, mereka tinggal berupaya untuk menjaga konsistensi dan menang.

"Pada pertandingan pertama kami mencoba mencari tahu mereka dan kemudian setelah itu masalah konsistensi dalam rencana permainan, Hendra menjelaskan.

Sementara itu, Shetty mengakui pengalaman Ahsan/Hendra sangat mempengaruhi pada hasil pertandingan tadi. Meskipun sempat ada peluang untuk memenangkan game tapi mereka justru mengacaukan lewat kesalahan-kesalahan sendiri.

"Saya merasa itu pertandingan tadi bisa kami menangkan. Tapi kami mengacaukannya. Kami unggul 19-18 pada game pertama, dan terakhir kali kami bermain di Malaysia juga kami unggul 20-19. Tapi ini masalah bagaimana kami bisa mengatasi beberapa poin di momen-momen penting, dan pengalaman mereka membuktikannya," kata Shetty.

"Mereka menunggu kesalahan kami. Sudah berbulan-bulan (sejak kompetisi), saya merasa kami bisa bermain lebih baik di angka 19 -18, tapi itu akan membutuhkan waktu. Ke depannya kami akan berusaha tenang ketika di momen-momen (krusial) itu," Rankireddy menimpali.

Di partai delapan besar, Ahsan/Hendra akan berjumpa ganda Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae. Mereka juga meraih tiket perempat final setelah menyingkirkan wakil tuan rumah Weeraphat Phakjarung/Wongsathorn Thongkham. Mereka menang telak dengan skor 21-9, 21-12.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com