detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 21 Jan 2021 13:35 WIB

Anthony Ginting Gagal Revans, Kandas di Babak Kedua Thailand Open

Mercy Raya - detikSport
Anthony Ginting keluar sebagai juara tunggal putra Daihatsu Indonesia Masters 2020. Anthony juara usai mengalahkan wakil Denmark lewat pertarungan tiga gim. Ilustrasi tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kandas di babak kedua Toyota Thailand Open 2021. Ia sekaligus gagal revans atas tunggal Hong Kong Lee Cheuk Yiu yang menjadi lawannya.

Anthony tunduk setelah melalui laga panjang melawan Cheuk Yiu, 19-21, 21-13, 12-21 dalam pertandingan 16 besar di Impact Arena, Bangkok, Kamis (21/1/2021).

Anthony unggul 4-1 pada awal gim pertama. Cheuk Yiu mencoba mendekat 4-3 dan menyamakan menjadi 6-6. Pemain ranking enam dunia itu lalu berbalik menguasai pertandingan dan unggul 9-8 hingga interval di kedudukan 11-8.

Selepas interval di partai Toyota Thailand Open 2021 ini, laju Anthony sempat tak teredam oleh lawannya. Ia menjauh dengan keunggulan skor 17-10.

Namun, setelah itu Cheuk Yiu bangkit dan merebut enam poin beruntun sehingga membuat jarak keduanya hanya tersisa satu poin saja. Anthony lalu berhasil menambah satu angka setelah menang duel reli dengan Cheuk Yiu.

Di tengah alotnya permainan, Anthony malah gagal mempertahankan keunggulan setelah dua kali disamakan 18-18 dan 19-19. Ia kalah 19-21 dari Cheuk Yiu.

Di gim kedua, Anthony mampu bangkit dan langsung unggul jauh 18-10. Cheuk sempat mendapat satu angka Anthony setelah challenge dinilai gagal. Tapi itu tak mempengaruhi kondisi, Anthony membukukan angka 21-13 guna merebut gim kedua.

Sayangnya, Anthony tak menjaga momentum di gim kedua untuk meraih kemenangan di gim penentu. Anthony kalah dengan angka telak 12-21.

Hasil ini sekaligus bikin Anthony gagal revans dari lawannya yang berperingkat ke-20 dunia. Pertemuan terakhir mereka tersaji di Hong Kong Open 2019. Saat itu Anthony kalah usai melewati laga panjang 21-16, 10-21, 20-22. Rekor kekalahannya menjadi 2-1 dari tiga pertemuan mereka dalam tujuh tahun terakhir.

Tunggal putra Indonesia masih menyisakan Shesar Hiren Rhustavito. Ia akan bermain melawan tunggal Denmark Hans-Kristian Solberg Vittinghus di lapangan tiga.

Sebelumnya, ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke perempatfinal Toyota Thailand Open 2021 usai meraih kemenangan atas pasangan Kanada yang menjadi lawannya.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com