Ini Lima Wakil Indonesia di BWF World Tour Final

Mercy Raya - Sport
Senin, 25 Jan 2021 12:29 WIB
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja
Ini lima wakil Indonesia di BWF World Tour Final 2020. (Foto: dok. Humas PBSI)
Jakarta -

Indonesia meloloskan lima wakil ke BWF World Tour Final 2020. Nomor ganda campuran paling banyak.

Kepastian itu diperoleh usai Merah-Putih menjalani dua turnamen World Tour Super 1000 yaitu Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open.

Pencapaian yang mereka raih mendongkrak poin di HSBC road to Bangkok yang akan bergulir di Impact Arena, Bangkok, 27-31 Januari.

Dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang lolos. Anthony sejatinya berada di peringkat sembilan, tapi menyesuaikan aturan hanya dua wakil di top delapan di setiap negara yang boleh tampil, maka Anthony masuk. Sebab, Denmark ada tiga wakil.

Di nomor ganda putra, Indonesia hanya meloloskan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang menempati peringkat tiga dengan poin 35.080. Ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal tampil setelah hasil buruk pada dua turnamen terakhir. Mereka berada di peringkat 11.

Sedangkan pada nomor ganda putri, ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menempati ranking pertama turnamen berhadiah total 1.500.000 dolar AS itu dengan jumlah 46.020 poin. Di bawahnya menyusul Korea, Inggris, Thailand, Jepang, Jerman dan Malaysia.

Dari nomor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva memastikan diri tampil di BWF World Tour Final 2020 lewat hasil runner up di Yonex Thailand Open dan babak pertama Toyota Thailand Open. Mereka menempati peringkat lima setelah sempat terperosok di peringkat 13 pada minggu ke-43.

Selain Praveen/Jordan, wakil mix double Indonesia yaitu Hafiz Faizal/ Gloria Emanuelle Widjaja yang menduduki peringkat tujuh dengan perolehan 30.790 poin.

Dari lima sektor, hanya tunggal putri yang kembali tak mengirimkan wakilnya. Gregoria Mariska hanya mampu bertengger di peringkat 19, sedangkan Ruselli Hartawan di rangking 31, usai hasil kurang maksimal di dua turnamen terakhir. Mereka tersingkir di babak-babak awal.

"Kalau untuk Gregoria, dia mentalnya bagus. Pada dua pertandingan dia bisa bermain maksimal tapi pada saat unggul kalau ada sedikit kesalahan membuat dia ragu dan akhirnya tak yakin," kata Kabidbinpres PBSI, Rionny Mainaky, dalam keterangan resminya.

"Sementara Ruselli mainnya terlalu tegang sehingga membuat langkahny menjadi berat, mainnya tidak lepas, dan tidak maksimal. Ini yang harus benar-benar dievaluasi dan diperhatikan, baik untuk pemain maupun pelatihnya," ujarnya.

Meskipun berhasil mengirimkan lima wakil, jumlah ini merupakan penurunan dari tahun sebelumnya, Indonesia mengirimkan tujuh wakil. Dua tunggal pitra, dua ganda putra, dan dua ganda campuran, serta satu ganda putri. Dari angka itu, Indonesia meraih satu gelar dari Ahsan/Hendra.

Lima Wakil Indonesia Di BWF World Tour Final 2020

Tunggal Putra - Anthony Ginting

Ganda Putri - Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda Putra - Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Ganda Campuran - Praveen Jordan/Melati Deava, Hafiz Faizal/Gloria Emannuele Widjaja

(mcy/cas)