detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 08 Feb 2021 12:53 WIB

Malaysia Degradasi Pebulutangkis yang Jeblok di Asian Leg 2021

Mercy Raya - detikSport
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti mengalahkan pasangan Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai (Malaysia) di final bulutangkis SEA Games 2019. Mereka pun meraih medali emas. Goh Soon Huat/Shevon Lai (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) melakukan degradasi kepada sejumlah atlet seniornya menyusul hasil jeblok di Asian Leg 2021.

Lima atlet itu ialah ganda campuran ranking 10 dunia, Goh Soon Huat/Shevon Lai, Lai Pei Jing (mix double 12 dunia) dan peraih medali emas ganda putri commongwealth games, Vivian Hoo (ganda putri 17 dunia), dan tunggal putri 32 dunia, Soniia Cheah.

Selain Gih Soo Huat dkk, badan nasional Malaysia juga mencoret tunggal putra Ter Chun Long dan Low Eu Cong, serta ganda putra Ching Kai Feng dan Ooi Jhy Dar.

BAM memutuskan untuk melepaskan para pemainnya tersebut setelah melakukan sejumlah peninjauan secara berkala, terutama dari hasil tiga turnamen beruntun di Bangkok, Thailand, 12-31 Januari lalu. Dari ketiganya tak ada satupun wakil Malaysia yang meraih gelar juara.

Prestrasi terbaik mereka runner up di Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open melalui dua ganda putra mereka. Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Sedangkan di BWF World Tour Finals, tak ada satupun wakil mereka yang menembus final.

Padahal Malaysia sempat membuat Proyek 24 yang merupakan rencana strategis yang bertujuan untuk menanamkan mentalitas pemenang dan menciptakan pebulutangkis terbaik. Hal itu penting untuk membantu Malaysia meraih emas Olimpiade 2024 Paris dan putaran final Piala Thomas.

"Terima kasih yang tulus kami katakan kepada para pemain ini atas komitmen, dedikasi, dan kontribusi besar mereka untuk negara selama bertahun-tahun. Salam dan terima kasih dari BAM kepada mereka yang akan memulai jalur baru dalam karier mereka," seperti dikutip dari malaymail.com

Setelah mencoret sejumlah pemain dari Timnas bulutangkis, BAM memutuskan untuk mempromosikan beberapa pemain seperti Wyman Goh, Lee Shung Yang, Shaqeem Eiman (tunggal putra), K. Letshanaa (tunggal putri), Yap Sheng Hao (ganda putra).

Mereka yang masih bertahan di Timnas selanjutnya akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen Eropa pada Maret mendatang. Khusus tunggal putra dan putri akan dilakukan evaluasi kembali usai tur Eropa.

"Dengan turnamen yang akan dilakukan beruntun di Eropa dan sebagai bagian dari kualifikasi Olimpiade Tokyo, intensitas pelatihan nasional akan ditingkatkan secara signifikan, termasuk latihan mental bagi para pemain."

Ketika Malaysia sudah melakukan promosi degradasi untuk timnasnya, lantas bagaimana dengan Indonesia kapan?

Simak juga video 'Sukses Bungkam Ganda Jerman, Hafiz/Gloria Punya Kans Lolos':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com