Momen Kevin Sanjaya Merasa Bersalah sama Marcus karena...

Mercy Raya - Sport
Selasa, 09 Feb 2021 11:15 WIB
All Indonesia Final akhirnya terwujud di partai final sektor ganda putra. Itu setelah Kevin/Marcus mengalahkan wakil Malaysia di babak semifinal.
Kevin Sanjaya Sukamuljo sempat tak enak pada Marcus Fernaldi Gideon karena terpapar virus Corona. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kevin Sanjaya Sukamuljo sempat merasa bersalah pada rekannya, Marcus Fernaldi Gideon, saat terpapar virus Corona.

Pemain ganda putra nomor satu dunia itu kini sudah jauh lebih baik. Kondisi itu disampaikan Herry Iman Pierngadi, pelatih kepala ganda putra PBSI. Menurutnya, kondisi itu dirasakan atletnya ketika awal-awal Kevin baru terpapar.

Kevin/Marcus sejatinya sudah mempersiapkan diri jelang tampil di Asian Leg di Bangkok, Januari lalu. Tapi karena kasus Kevin, mereka terpaksa mundur dari tiga turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut.

Kevin dinyatakan positif virus Corona pada 20 Desember lalu. Saat itu, ia mulai tak bisa mencium bau makanan dan sedikit flu. Ia dinyatakan sembuh saat menjalani tes swab pada Januari dan hasilnya negatif.

"Dia merasa bersalah juga enggak enak sama Marcus. Itulah salah satu bentuk tanggung jawab karena secara kultur mereka tahulah sebagai pemain profesional apa yang mereka lakukan," kata Herry ketika dihubungi pewarta, Selasa (9/2/2021).

Herry sekaligus menjelaskan soal protokol kesehatan di PBSI yang sejatinya sudah relatif ketat. Selain itu, ia juga kerap mengingatkan atletnya khususnya ganda putra, tentang apa yang boleh dan tidak dilakukan, serta soal aturan pulang ke rumah.

"Sebenarnya kita ganda putra setiap pagi, setiap mulai latihan kasih tahu. Seharusnya mereka sudah tahu apa yang boleh apa yang enggak," ujarnya.

"Aturan (selama pandemi juga) tidak ada perubahan kalau pemain keluarga boleh balik pulang. Tapi mereka harus tetap menjaga (protokol kesehatan). Selain itu semua full asrama, tapi karena Kevin rumahnya dekat asrama jadi bolak-balik."

Meskipun demikian, pelatih yang dijuluki fans badminton Naga Api itu menegaskan, kejadian itu menjadi pelajaran untuk semua, termasuk Kevin.

"Dengan kejadian ini mereka ungkapkan kesalahan. Jadi lebih dewasa profesional. Tadi baru latihan lagi, kalau saya lihat kasat mata, perbedaan sudah ada (perubahan)," katanya.

Kevin/Marcus serta ganda putra lainnya tengah mempersiapkan diri menjelang tur Eropa yang berlangsung mulai 2 sampai 21 Maret. Adapun turnamen yang akan Kevin/Marcus ikuti yaitu German Open dan All England 2021.

Lihat juga Video: Kevin Sanjaya Telah Negatif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)