Legenda Badminton Hastomo Arbi Semangati Tim Bulutangkis RI

Dian Utoro Aji - Sport
Jumat, 19 Mar 2021 18:15 WIB
Hastomo Arbi
Legenda Badminton Hastomo Arbi Semangati Tim Bulutangkis RI. Foto: dok. Pribadi/Hastomo Arbi
Kudus -

Hastomo Arbi, salah satu legenda bulutangkis Indonesia, memberikan ucapan penyemangat buat tim Indonesia yang dicoret dari All England 2021.

Sosok dengan segudang prestasi termasuk di Piala Thomas 1984 itu berharap para atlet bulutangkis Indonesia jangan patah semangat walaupun sudah tak bisa main di All England 2021. Masih akan ada kejuaraan di ajang Internasional lainnya.

"Harapannya untuk atlet tetap jaga kondisi karena masih banyak turnamen yang lain, terutama olimpiade," kata Hastomo Arbi saat dihubungi detikcom lewat pesan singkat, Jumat (19/3/2021).

Hastomo, yang juga menjadi salah satu pelatih di PB Djarum, mengatakan bahwa para atlet di tim Indonesia pasti kecewa setelah mereka dicoret di ajang All England 2021. Padahal menurutnya para atlet sudah mempersiapkan secara matang.

"Saya kira pasti ada perasaan kecewa, karena mereka sudah mempersiapkan di kejuaraan All England," ujar dia.

Lebih lanjut, menurutnya ada sejumlah atlet yang sebelumnya sempat ikut turnamen di Thailand. Mereka pun tengah semangat - semangatnya. Setelah dicoret tentunya mereka kecewa atas kejadian tersebut.

"Dan seperti Kevin (Sanjaya) dan (Marcus) Gideon kan tidak sempat ikut turnamen yang di Thailand jadi saya kira lagi semangat - semangatnya," jelas dia.

Di All England 2021, Tim Indonesia beranggotakan 24 orang pemain dan ofisial dengan berbekal persiapan maksimal di lapangan, hasil tes PCR negatif, dan dua kali vaksin COVID-19. Setibanya di Inggris, hasil tes COVID-19 pun negatif.

Namun, kabar buruk kemudian tiba: seluruh wakil Indonesia diharuskan mundur dari All England 2021. National Health Service (NHS), garda terdepan kesehatan Inggris, mengabarkan bahwa kontingen Indonesia harus menjalani isolasi selama 10 hari lantran dalam penerbangan mereka ke Inggris, ada penumpang yang terkena COVID-19. Artinya, wakil Merah Putih tak lagi bisa main.

(krs/rin)