detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 24 Apr 2021 12:13 WIB

Tatap Malaysia Open 2021, Gregoria Perbaiki Fokus di Pertandingan

Mercy Raya - detikSport
Gregoria Mariska Tunjung mempersiapkan diri jelang Malaysia Open 2021. Foto: dok. PBSI Tatap Malaysia Open 2021, Gregoria Perbaiki Fokus di Pertandingan. (Foto: dok. PBSI)
Jakarta -

Gregoria Mariska Tunjung sudah jauh lebih bugar jelang Malaysia Open 2021. Gregoria mengaku ingin memperbaiki fokus dan mindset-nya dalam pertandingan.

Gregoria sempat absen di beberapa turnamen Eropa pada Maret lalu. Bahkan, All England pun, namanya tak turut disertakan lantaran kondisinya yang belum sepenuhnya pulih 100 persen usai cedera paha kanan.

Kini, setelah sekian bulan menepi, tunggal putri andalan Indonesia itu mengaku siap bertanding. Ia akan menjalani debutnya di Malaysia Open pada 25-30 Mei mendatang.

"Puji Tuhan sudah sehat, sudah baik, sudah pulih 100 persen," kata Gregoria dalam keterangan tertulisnya. "Sekarang saya sedang persiapan ke Malaysia. Sudah lumayan baik, apalagi di tiga minggu terakhir ini oleh pelatih saya terus di-push untuk fisik, dan sekarang saya sudah merasa lebih bugar kondisinya," tuturnya.

Selain fisik, ia juga mempertajam fokus dan mentalnya jelang bertanding. Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun ini kerap bermasalah dengan konsentrasi khususnya saat poin-poin kritis. Kerap terjadi ketika Gregoria unggul, ia justru terkejar lawan sehingga akhirnya kalah. Bahkan, kejadiannya itu bisa terulang dalam waktu dua pekan dengan lawan yang sama.

"Saya juga coba meningkatkan fokus di lapangan yang selama ini menjadi salah satu pengganggu performa. Jadi bagaimana lebih tenang dan tidak panik," tambah atlet kelahiran Wonogiri itu.

"Nah, tahun ini saya sudah coba reset pikiran itu, karena tahun 2020 kan hampir tidak ada turnamen karena pandemi. Tapi kemarin di Thailand ternyata kejadian lagi dan saya (bertekad) tidak mau terulang di Malaysia nanti. Semoga apa yang saya dapat di latihan bisa berguna dan diterapkan dengan tepat," ucap juara dunia junior tahun 2017 itu.

Tekad tampil lebih maksimal juga tak lepas dari keinginan Gregoria memperbaiki peringkatnya di kualifikasi Olimpiade. Malaysia Open merupakan satu dari dua event Asia yang tersisa sebagai ajang pengumpulan poin Olimpiade.

Menukil ranking Race to Tokyo-BWF Olympic Qualification, pada minggu ke-16 (20/4/2021), Gregoria berada di peringkat 15.

"Saya ingin tampil lebih baik dari dua turnamen sebelumnya di Thailand. Mudah-mudahan bisa lebih bagus karena poinnya juga besar jadi bisa memperbaiki peringkat. Di Malaysia juga lawan-lawan di atas saya turun, jadi semoga bisa saling kejar-kejaran poin. Harapannya semoga bisa qualified dulu," harap Gregoria.



Simak Video "Bukan Hijrah ke Barcelona, Neymar Pilih Bertahan di PSG"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com