Ini Target Juara All England 2021 di Dua Turnamen Tersisa

Mercy Raya - Sport
Rabu, 05 Mei 2021 20:58 WIB
BIRMINGHAM, ENGLAND - MARCH 21: Lee Zii Jia of Malaysia 
 celebrates match point during the Mens Final against Viktor Axelsen of Denmark during day five of YONEX All England Open Badminton Championships at Utilita Arena Birmingham on March 21, 2021 in Birmingham, England. (Photo by Naomi Baker/Getty Images)
Lee Zii Jia (Getty Images/Naomi Baker)
Jakarta -

Juara All England 2021 Lee Zii Jia berharap dapat tampil maksimal di dua turnamen kualifikasi Olimpiade. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan dirinya di Tokyo.

Pebulutangkis Malaysia berusia 23 tahun itu mengatakan kedua turnamen, Malaysia Open dan Singapore Open, merupakan pemanasan penting sebelum ia mentas di Olimpiade pada 23 Juli-8 Agustus mendatang.

Apalagi, Zii Jia juga baru melanjutkan latihannya pada Jumat lalu, setelah nyaris selama dua pekan dia menjalani karantina. Sebelumnya, di Akademi Bulutangkis Malaysia ditemukan 15 kasus COVID-19. Karena kondisi itu, persiapan Zii Jia pun jadi terbatas menuju Malaysia Open (25-30 Mei) dan Singapore Open (1-6 Juni).

"Tersisa dua pekan lagi (untuk persiapan) tapi saya akan mencoba melakukan apa yang saya bisa," kata Zii Jia seperti dinukil dari Bernama.com

Keuntungan pebulutangkis 8 dunia ini, ia telah mendapat dua kali vaksinasi COVID-19. Dengan begitu, ia bisa lebih fokus ke teknis menjelang pertandingan. Meski begitu, ia akan tetap waspada karena risiko tertular masih ada.

"Sulit untuk mencegah agar tidak tertular apalagi di lapangan kami tidak menggunakan masker. Yang bisa kita lakukan ialah tetap disiplin dan mengurangi risiko penularannya," tuturnya.

"Kalaupun kita tertular, tidak ada yang bisa kita lakukan karena kita tidak tahu siapa saja yang tertular," Zii Jia menambahkan.

Sementara itu, pelatih Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) Wong Choong Hann mengatakan masih memantau perkembangan dan rehabilitasi para pemain, sebelum akhirnya menentukan target untuk dua turnamen di depan.

Selain Lee Zii Jia, pebulutangkis Malaysia yang akan tampil di BWF World Tour Super 750 ialah Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, Pearly Tan/M. Thinaah, Soniaa Cheah, dan Goh Liu Ying/Chan Peng Soon.

Dia juga menyebut bahwa sebagian besar pebulutangkis elit dunia telah mendaftarkan nama dan ingin berkompertisi di Malaysia Open karena salah satu dari dua turnamen terakhir pengumpulan poin kualifikasi Olimpiade. Meskipun kehadiran pebulutangkis dunia juga akan bergantung pada standar operasional prosedur turnamen yang akan dirilis pemerintah.

"Sejauh ini tidak ada negara yang mengindikasikan mundur (dari turnamen itu). Tapi SOP yang akan dirilis bisa menjadi kunci apakah mereka akan datang atau mundur," kata Choong Hann.

Simak juga 'Tanpa Indonesia dan China, Jepang Dominasi All England 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)