Atlet PBSI Salat Idul Fitri di Lobi Pelatnas Cipayung

Mercy Raya - Sport
Kamis, 13 Mei 2021 17:15 WIB
Atlet Pelatnas PBSI tak bisa leluasa menjalankan salat Idul Fitri seperti masyarakat umumnya. Mereka beribadah di lobi Pelatnas.
PBSI menjalankan salat Idul Fitri 1442 H di Cipayung bersama atlet pelatnas. (Foto: dok.PBSI)
Jakarta -

Atlet Pelatnas PBSI tak bisa leluasa menjalankan salat Idul Fitri seperti masyarakat umumnya. Mereka beribadah di lobi Pelatnas.

Idul Fitri 1442 H jatuh, Kamis (13/5/2021). Sama seperti umat Islam lainnya, atlet Pelatnas bulutangkis juga ikut merayakan hari kemenangan. Namun, perayaan tidak bisa dilakukan di rumah masing-masing karena terbentur dengan persiapan turnamen.

Alhasil, ibadah salat Id dilakukan di lobi kantor PP PBSI. Selain atlet, terdapat juga sejumlah Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) serta petugas keamanan yang mengikuti ibadah.

Adapun total yang mengikuti ibadah sebanyak 41 atlet, termasuk mereka yang akan bertanding ke Spain Masters 2021 dan dijadwalkan berangkat pada Sabtu (15/5/2021). Wakil Sekretaris Jenderal PBSI, Edi Sukarno, mengatakan alasan PBSI memutuskan merayakan di Pelatnas karena mempertimbangkan keamanan para atlet.

"Alhamdullilah hari ini PBSI bisa melaksanakan salat Id di lobi kantor PP PBSI. Kami mempertimbangkan melaksanakan ibadah sendiri karena kalau tidak mereka akan keluar komplek Pelatnas. Itu yang kami khawatirkan," kata Edi dalam keterangan tertulisnya.

Meskipun di kalangan sendiri, Edi memastikan protokol kesehatan saat salat Idul Fitri tetap diterapkan. Selain wajib mengenakan masker, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan duduk berjarak. "Tahun lalu juga kami melaksanakannya seperti ini tetapi dengan menerapkan prokes," katanya.

Ia pun lantas memberikan doanya agar Lebaran tahun ini membawa berkah, khususnya bagi atlet-atlet yang akan berjuang di Olimpiade 2020 Tokyo pada 23 Juli-8 Agustus.

PBSI sejauh ini tercatat sudah meloloskan 11 atlet dari lima sektor. Mereka ialah ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Dari sektor tunggal putra ada Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, sedangkan tunggal putri meloloskan Gregoria Mariska Tunjung.

Pada sektor ganda putri meloloskan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sementara itu ganda campuran diisi Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Indonesia sejatinya masih memiliki peluang tambah satu wakil di mix double melalui Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Namun, turnamen Singapore Open yang batal dihelat 1-6 Juni memupuskan harapan Merah-Putih menambahkan wakilnya di cabang bulutangkis.

"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua diberikan kesuksesan dari Allah subhanahu wa ta'ala. Terutama atlet-atlet kita yang akan menghadapi Olimpiade di Tokyo. Mudah-mudahan berhasil mempersembahkan medali bangsa dan negara ini," ucap Edi.



Simak Video "Potret Warga Semarang Halal Bihalal dengan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)