Roger Federer Mundur dari Olimpiade Tokyo

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Rabu, 14 Jul 2021 00:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 05: Roger Federer of Switzerland celebrates victory after winning his Mens Singles Fourth Round match against Lorenzo Sonego of Italy during Day Seven of The Championships - Wimbledon 2021 at All England Lawn Tennis and Croquet Club on July 05, 2021 in London, England. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Roger Federer mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Jakarta -

Roger Federer memutuskan mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo 2020. Petenis asal Swiss itu mengalami masalah pada lututnya.

Federer sempat menjalani dua operasi di lutut kanannya pada 2020, yang membuatnya menepi hingga lebih dari 12 bulan. Dia hanya memainkan delapan pertandingan sebelum tampil di Wimbledon 2021.

Di Wimbledon, langkah Federer terhenti di babak perempatfinal. Pemilik 20 gelar grand slam itu dikalahkan oleh Hubert Hurkacz.

Federer mengakui lututnya kembali bermasalah selama tampil di turnamen lapangan rumput. Petenis berusia 39 tahun itu pun memutuskan untuk mundur dari Olimpiade Tokyo yang rencananya digelar 23 Juli-8 Agustus itu.

"Selama musim lapangan rumput, sayangnya lutut saya mengalami kemunduran, dan saya harus menerima bahwa saya harus mundur dari Olimpiade Tokyo," demikian bunyi pernyataan Federer di akun media sosialnya.

"Saya sangat kecewa, karena setiap kali mewakili Swiss adalah kehormatan dan peristiwa penting dalam karier saya."

"Saya sudah memulai pemulihan dengan harapan kembali ke tur musim panas ini. Saya doakan yang terbaik untuk kontingen Swiss dan saya akan mendukung dari jauh."

Federer meraih medali perak di nomor tunggal di Olimpiade London 2012 sebelum absen di Olimpiade Rio 2016 karena cedera. Dia juga pernah meraih medali emas di nomor ganda putra bersama Stan Wawrinka di Olimpiade Beijing 2008.

Mundurnya Roger Federer memperpanjang daftar petenis yang menarik diri dari Olimpiade Tokyo. Sebelumnya, ada Rafael Nadal, Simona Halep, hingga Dominic Thiem yang menyatakan tidak akan berkompetisi di Olimpiade Tokyo.

(nds/bay)