Olimpiade Tokyo: Praveen/Melati Kalah karena Kesalahan Sendiri

Mercy Raya - Sport
Rabu, 28 Jul 2021 11:22 WIB
Jakarta -

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti terhenti di babak 8 besar Olimpiade Tokyo 2020. Kesalahan sendiri diungkap menjadi sebabnya.

Praveen/Melati kalah dari pasangan China, Zheng Siwei/Huang Ya Qiong, saat bertanding di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Rabu (28/7/2021). Juara All England 2020 itu takluk dua game langsung 17-21, 15-21.

Usai berlaga, Melati mengakui banyak kesalahan sendiri yang mereka lakukan selama pertandingan berlangsung. "Kami mencoba yang terbaik tetapi membuat banyak kesalahan sendiri," kata Melati dalam laman BWF.

Sebagai gambaran, Praveen/Melati sejatinya punya peluang untuk mengimbangi permainan pasangan nomor satu dunia itu pada gim pertama. Hal itu dibuktikan mereka ketika tertinggal 8-14 tapi kemudian mampu menyamakan skor menjadi 14-14.

Tapi kesalahan yang dilakukan Praveen/Melati membuat keduanya kalah di gim pertama. Sementara pada gim kedua, mereka sudah kalah start di awal laga sehingga tertinggal 6-11, kemudian takluk dengan skor 15-21.

Melati tak memungkiri ada tekanan ketika bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, yang merupakan kali pertama untuknya. Namun, ia menyadari hal itu tak bisa dijadikan alasan dari kekalahannya bersama Praveen.

"Tekanan tentu saja lebih besar di Olimpiade tetapi kami tidak bisa menggunakan itu sebagai alasan."

Sementara itu, Zheng Siwei/Huang Ya Qiong mengaku memanfaatkan kondisi pasangan Indonesia yang kerap melakukan kesalahan sendiri.

"Mereka (Praveen/Melati) membuat lebih banyak kesalahan jadi kami hanya memastikan untuk memanfaatkannya," kata Zheng Siwei diamini Ya Qiong.

(mcy/cas)