Hasil Bulutangkis Olimpiade: Jonatan Christie Mantap ke Fase Gugur

Afif Farhan - Sport
Rabu, 28 Jul 2021 19:20 WIB
Tokyo -

Jonatan Christie menghadapi Loh Kean Yew di lanjutan Grup G Olimpiade Tokyo 2020. Laga berjalan ketat, Jojo mampu menang, dan mantap ke fase gugur.

Jonatan Christie vs Loh Kean Yew berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo pada Rabu (28/7) dalam lanjutan Grup G bulutangkis perorangan pria Olimpiade Tokyo 2020. Di atas kertas, Jonatan Christie lebih diunggulkan.

Jojo, begitu panggilannya menempati peringkat ketujuh dunia. Lawannya Loh Kean Yew, wakil dari Singapura ini berada di peringkat ke-42 seperti tertera dalam informasi BWF.

Gim pertama berlangsung ketat, Jojo harus bermain sampai skor akhir 22-20. Gim kedua direbut Loh Kean Yew dengan kemenangan 21-13. Gim ketiga Jojo mengunci kemenangan 21-18.

Jonatan Christie harus memulai laga di gim pertama dengan ketat. Duel pendek di net mampu membuatnya unggul 4-2.

Setelahnya, Jojo lebih nyaman menguasai permainan. Sayangnya beberapa kali kesalahan membuat Loh Kean Yew terus menempel 6-6. Jojo kemudian menutup interval di gim pertama dengan skor 11-8 lewat smash silang.

Loh Kean Yew terus menempel ke 15-13, membuat Jojo sedikit kewalahan meladeni permainan cepatnya. Malah, Loh Kean Yew mampu menutup jarak sampai bikin kedudukan imbang 18-18.

Akhirnya, ketangguhan Jojo menyudahi gim pertama dengan skor ketat 22-20.

Jonatan Christie of Indonesia competes against Singapore's Kean Yew Loh during men's singles group play stage Badminton match at the 2020 Summer Olympics, Wednesday, July 28, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)Loh Kean Yew mampu menyulitkan Jonatan Christie (AP/Dita Alangkara)

Gim kedua juga berlangsung ketat sejak awal. Beruntung, Jonatan Christie coba bermain sabar dengan dropshot dan memimpin 6-2.

Loh Kean Yew tidak menyerah. Permainan di dekat net mengejutkan Jojo dan mampu mempersempit jarak 8-7. Kejutan, Loh justru memimpin dan unggul dalam interval 11-8.

Loh Kean Yew di atas angin, mampu mengontrol permainan di net dan memberi smash keras yang membuatnya memimpin 15-8.

Jojo mulai bangkit. Pukulan backhand menjadi momentumnya dan pelan-pelan mempersempit jarak 12-17. Sayangnya, permainan di net kembali membuat Loh Kean Yew unggul 19-12 dan dirinya mampu merebut kemenangan di gim kedua dengan penutup smash silang 21-13.

Di gim ketiga, Loh Kean Yew kembali memberi tekanan berat dan mampu unggul 5-2. Jonatan Christie kembali terpancing oleh permainan lawannya.

Pelan-pelan Jojo memancing main rally panjang dan bertahan dengan baik. Dirinya mampu gantian unggul 9-6 dan menutup interval dengan keunggulan 11-7.

Mental Jojo berbicara. Dirinya menjaga keunggulan walau terus dipepet 17-13.

Loh Kean Yew kembali panas, dia mampu menempel 18-16. Jojo gantian panas tak memberi lawannya waktu lama-lama untuk bangkit, akhirnya mampu menyudahi laga dengan kemenangan 21-18 dan jadi juara di Grup G Olimpiade Tokyo 2020.

(aff/mrp)