Flandy Limpele Bahas Kans Ganda Putra Malaysia Raih Medali

Muhammad Robbani - Sport
Kamis, 29 Jul 2021 18:53 WIB
Malaysias Aaron Chia and Soh Wooi Yik celebrate after defeating Indonesias Marcus Fernaldi Gideon and Kevin Sanjaya Sukamuljo during their mens doubles quarterfinal match at the 2020 Summer Olympics, Thursday, July 29, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dita Alangkara)
Kata Flandy Limpele soal Kans Ganda Putra Malaysia Raih Medali. Foto: (AP/Dita Alangkara)
Jakarta -

Dulu, Flandy Limpele pernah menyumbang medali Olimpiade bulutangkis bagi Indonesia. Kini, Flandy diharapkan bisa membawa Malaysia meraih medali lewat ganda putra.

Ada peran Flandy Limpele dalam kemenangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang baru saja menyingkirkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon/ di perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020.

Chia/Wooi Yik Soh mengalahkan Marcus/Kevin 21-14 dan 21-17, Kamis (29/7/2021). Dalam pertandingan itu, ada sosok tak asing buat pecinta bulu tangkis Indonesia yang melatih ganda putra Malaysia.

Ia adalah Flandy Limpele, yang ditunjuk Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) menjadi pelatih ganda putra per Juni 2020. Pria asal Manado itu aktif memperkuat Indonesia di era 2000-an sebagai pemain ganda campuran dan ganda putra.

Saat masih aktif, Flandy Limpele juga pernah bermain di Olimpiade 2004. Berpasangan bersama Eng Hian, mereka menyumbang medali perunggu buat Indonesia.

Kini beralih menjadi pelatih, ia dibebani untuk mengangkat prestasi ganda putra Malaysia. Maklum, Chia/Wooi Yik Soh yang berstatus ganda putra terbaik Malaysia sebenarnya tak pernah benar-benar diperhitungkan.

Sebelum ditunjuk BAM, Flandy Limpele punya catatan bagus saat masih melatih di India. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pernah merasakan tangan dinginnya dengan menjuarai Thailand Open 2019 dan mencapai 10 besar BWF untuk pertama kalinya.

Pasangan itu juga pada tahun yang sama berhasil mengalahkan lawan-lawan kuat, Ahsan/Hendra, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan Li Junhui/Liu Yuchen, pada ajang France Open 2019. Meski gagal di final, Flandy Limpele berhasil meninggalkan jejak bagus buat bulutangkis India.

Dengan catatan itu, BAM berharap Flandy Limpele juga bisa mengangkat prestasi ganda putra Malaysia. Olimpiade Tokyo 2020 menjadi salah satu ajang pembuktian bagi Flandy Limpele buat BAM.

ATHENS - AUGUST 20:  Eng Hian and Flandy Limpele of Indonesia Bronze medal winners stand on the podium after the men's doubles badminton medal ceremony on August 20, 2004 during the Athens 2004 Summer Olympic Games at Olympic Hall in the Goudi Olympic Complex in Athens, Greece. (Photo by Ben Radford/Getty Images)Flandy Limpele bersama Eng Hian saat meraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004. Foto: Getty Images/Ben Radford

Media Malaysia, The Star, juga menunjukkan harapannya besarnya dari seorang Flandy Limpele. 'Akan kah Magis Flandi bisa berhasil buat Aaron-Wooi pada laga debut mereka (di Olimpiade)," begitu judul tulisan The Star pada 8 Juli lalu.

Tulisan itu dibuat setelah hasil undian Olimpiade 2020 yang menempatkan Chia/Wooi Yik Soh di Grup D bersama Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae, dan Jason Ho-Shue/Nyl Yakura. Mereka berhasil melewati tahapan fase grup sebagai runner-up berkat dua kemenangan dan sekali kalah.

Begitu lolos ke perempatfinal, Chia/Wooi Yik Soh mendapat tantangan serius. Mereka jumpa Marcus/Kevin yang merupakan unggulan pertama ganda putra Indonesia.

Asa Raih Medali

Tak disangka, Chia/Wooi Yik Soh yang tak pernah mengalahkan Marcus/Kevin alias selalu kalah, berhasil menyingkirkan The Minions. Tak ada selebrasi berlebihan setelah anak asuhnya mengalahkan Marcus/Kevin.

Uniknya, Flandy Limpele adalah mantan anak asuh Herry IP, pelatih ganda putra Indonesia. Bisa dibilang duel ini adalah kemenangan anak asuh atas mantan pelatihnya.

Bagi Malaysia, harapan untuk meraih medali Olimpiade pun kini mulai ditatap. Tinggal selangkah lagi bagi Chia/Wooi Yik Soh untuk minimal meraih medali perunggu.

"Saya tidak bisa menjamin itu. Meski begitu, saya akan mengatakan bahwa Aaron dan Wooi Yik punya peluang memenangi medali. Yang bisa saya pastikan sekarang ini adalah melakukan apapun untuk menolong mereka semakin tampil bagus, karena saya adalah pelatih mereka," kata Flandy Limpele setelah laga lawan Kevin/Marcus, dan peluang Chia/Wooi Yik Soh meraih medali Olimpiade Tokyo 2020.




(krs/mrp)