Hasil Bulutangkis Olimpiade Tokyo: Ganda Putra Taiwan Rebut Medali Emas

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 31 Jul 2021 20:22 WIB
Taiwans Wang Chi-Lin, left, and Lee Yang, center, celebrate after winning against Chinas Li Jun Hui and Liu Yu Chen during their mens doubles gold medal Badminton match at the 2020 Summer Olympics, Saturday, July 31, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Ganda putra Taiwan raih emas bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 (AP/Markus Schreiber)
Tokyo -

Selesai sudah final ganda putra bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin meraih medali emas. Selamat!

Lee/Wang menghadapi ganda China unggulan keenam Li Junhui/Liu Yiuchen pada laga final di Mushasino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7/2021) malam WIB. Lee/Wang adalah pebulutangkis non-unggul di Olimpiade kali ini.

Tapi, Lee/Wang membuktikan bahwa mereka tak bisa diremehkan dan keberhasilan mengalahkan ganda nomor dunia dunia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, bukan kebetulan. Li/Liu sempat tancap gas di gim pertama dan unggul 11-9 saat interval.

Setelah itu Lee/Wang mampu bangkit dan malah berbalik unggul 14-13. Pelan namun pasti Lee/Wang mampu menguasai gim pertama ini untuk kemudian menang dengan 21-18.

Pada gim kedua, Lee/Wang menggila untuk meninggalkan Li/Liu sedari awal. Setelah interval, Lee/Wang unggul 15-6! Tak memberikan kesempatan untuk Li/Liu bangkit, Lee/Wang memimpin 18-9.

Hanya butuh tiga poin lagi untuk jadi juara, Lee/Wang sempat sedikit goyah sebelum akhirnya menang 21-12 untuk merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Lee/Wang mencatatkan sejarah sebagai pebulutangkis Taiwan pertama yang meraih medali Olimpiade dan tak tanggung-tanggung, langsung emas!

Mereka juga jadi pebulutangkis non-unggulan keempat yang bisa berjaya di cabang olahraga bulutangkis, setelah Kim Dong Moon/Gil Young Ah pada Atlanta 1996, lalu Taufik Hidayat pada Athena 2004, dan Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung pada Beijing 2008.

Lee Yang/Wang Chi-lin juga jadi yang pertama meraih medali emas setelah kalah di partai pembuka, yakni dari pasangan India. Dengan tambahan emas ini, Taiwan berada di posisi ke-17 dengan dua emas, dua perak, dan tiga perunggu.

(mrp/krs)