Jokowi: Medali Emas Greysia/Apriyani Jadi Kado HUT ke-76 RI

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 02 Agu 2021 13:39 WIB
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat untuk medali emas Greysia Apriyani/Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020. Ini jadi kado terbaik HUT ke-76 Indonesia.

Greysia bersama Apriyani menutup final Olimpiade Tokyo 2020 dengan menumbangkan wakil China Chen Qing Chen/Jia Yifan.

Mereka menang 21-19, 21-15 pada duel dua gim yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021). Catatan ini sekaligus menorehkan sejarah untuk Indonesia. Sebab, untuk pertama kali Indonesia meraih medali emas sejak ganda putri dipertandingkan pada Olimpiade Barcelona 1992.

Pada pertandingan tersebut, Greysia/Apriyani memang tampil luar biasa karena tak memberikan Chen/Jia kesempatan untuk mengembangkan permainan. Mereka selalu unggul sedari gim pertama dan juga di gim kedua.

Medali emas ini begitu berarti untuk Indonesia mengingat sebelum laga final ini, mereka sudah kehilangan dua peluang meraih emas lainnya di nomor ganda putra dan tunggal putra.

Indonesia juga berhasil menjaga tradisi medali dari cabor bulutangkis sekaligus memberikan kado luar biasa untuk Hari Kemerdekaan RI yang ke-76 pada 17 Agustus. Presiden Jokowi bangga bukan main dengan pencapaian Greysia Polii/Apriyani Rahayu tersebut.

"Penantian emas itu berakhir sudah siang ini. Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dalam pertandingan yang alot dan mendebarkan," ujar Jokowi lewat akun instagram sambil mengunggah foto Greysia/Apriyani.

Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia, dua pekan lagi. Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!," sambungnya.

Indonesia masih mempunyai satu peluang meraih medali dari cabor bulutangkis Olimpiade 2020. Anthony Sinisuka Ginting akan berebut perunggu dengan pemain Guatemala, Kevin Cordon. Pertandingannya berlangsung pukul 18.00 WIB.

(mrp/cas)