Greysia/Apriyani Raih Medali Emas, Bonus Rp 5 M Menanti

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 02 Agu 2021 17:25 WIB
Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih emas cabor bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 nomor ganda putri. Mereka mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dua gim langsung 21-19 dan 21-15.
Bonus Rp 5 miliar menanti Greysia Polii/Apriyani Rahayu (AP Photo/Dita Alangkara)
Jakarta -

Pundi Greysia Polii/Apriyani Rahayu sudah pasti makin tebal setelah meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Sebab ada bonus Rp 5 miliar menunggu dari Pemerintah.

Greysia bersama pasangannya Apriyani Rahayu tampil luar biasa di Olimpiade kali ini. Tak diunggulkan, Greysia/Apriyani malah melaju hingga final dan bahkan tidak terkalahkan sejak fase grup.

Menghadapi unggulan keempat asal China Chen Qing Che/Jia Yifan, Greysia/Apriyani tak terbendung untuk menang dua gim langsung, 21-19 dan 21-15, pada laga final di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021).

Medali emas ini jadi yang pertama untuk Indonesia di nomor ganda putri, setelah sebelumnya mereka berjaya di empat nomor lainnya. Lebih menggembirakan, sukses Greysia/Apriyani tersebut menjaga tradisi medali emas Merah-Putih di Olimpiade.

Seperti yang sudah-sudah, biasanya para peraih medali Olimpiade akan mendapatkan bonus dari pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Untuk bonus peraih medali emas tentu lebih besar dan Kemenpora dalam hal ini belum memberikan angka pasti. Hanya saja beberapa waktu lalu mereka mengindikasikan jumlahnya sama seperti saat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, yakni sekitar Rp 5 miliar.

Sementara, untuk peraih medali perak mendapat Rp 2 miliar dan peraih medali perunggu mendapatkan Rp 1 miliar.

"Ukurannya meraih prestasi itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi, bonusnya tak akan lepas dari nilai Rp 5 miliar itu, bahkan biasanya diberikan sebelum keringat atlet kering, nggak menunggu lama-lama," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, dalam keterangan resmi kepada detikSport.

Tak cuma dari pemerintah, beberapa pihak kabarnya juga akan memberikan bonus kepada peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020. Sebut saja Crazy Rich Malang, Gilang Permana Putra, yang memiliki perusahaan J99 Corp.

Pria yang juga menjabat Presiden Arema FC itu sudah berjanji memberikan Rp 500 juta untuk peraih medali emas, Rp 250 juta untuk medali perak, dan Rp 100 juta untuk peraih medali perunggu.

Indonesia sudah meraih empat medali di Tokyo 2020. Selain satu emas dari bulutangkis, tiga lainnya didapat dari cabang angkat besi.

(mrp/adp)