Viktor Axelsen Jadi Juara Baru Tunggal Putra Olimpiade

Muhammad Robbani - Sport
Senin, 02 Agu 2021 19:53 WIB
Denmarks Viktor Axelsen competes against Guatemalas Kevin Cordon during their mens singles badminton semifinal match at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 1, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Viktor Axelsen Jadi Juara Baru Tunggal Putra Olimpiade (AP)
Tokyo -

Viktor Axelsen keluar sebagai juara baru tunggal putra bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Ia mengalahkan Chen Long dari China dalam dua gim dan meraih medali emas.

Pebulutangkis Denmark itu menang dengan 21-15 dan 21-12. Axelsen berhasil tampil dominan sepanjang laga atas Chen Long, Senin (2/8/2021).

Sejak gim pertama, tanda-tanda Axelsen bakal juara sudah terlihat. Ia berhasil tancap gas sejak laga dimulai. Interval gim pertama pun menjadi milik Axelsen dengan keunggulan 11-9 atas sang juara bertahan.

Smash-smash tajam pebulutangkis jangkung menjadi senjata utama Axelsen. Ia pun dengan mudah menutup gim pertama dengan keunggulan 21-15.

Di gim kedua keadaannya tak banyak berubah. Viktor Axelsen berhasil mempertahankan dominasinya dan menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-7.

Chen Long terus tampil di bawah tekanan dan main bertahan hingga dibuat kesulitan mengembalikan pukulan-pukulan Axelsen. Chen Long malah beberapa kali menyumbang poin buat lawannya itu karena pukulannya mengenai net atau keluar lapangan.

Axelsen makin di atas angin berkat keunggulan 19-11. Chen Long sebenarnya mulai melawan dengan memperkecil kedudukan menjadi 19-12 setelah mengajukan challenge.

Tapi Axelsen sudah tak terbendung lagi dengan menutup game kedua dengan pukulan yang tak bisa dikembalikan Chen Long. Ia menutup gim kedua dengan 21-12.

Axelsen jadi juara baru di nomor tunggal putra bulutangkis Olimpiade. Chen Long gagal kembali mendulang emas seperti yang dilakukannya di Olimpiade Rio 2016 kemarin.

(aff/cas)