Tekad Putri Kusuma Wardani Buktikan Diri di Piala Sudirman 2021

Mercy Raya - Sport
Selasa, 14 Sep 2021 16:30 WIB
Putri Kusuma Wardani
Tekad Putri Kusuma Wardani Buktikan Diri di Piala Sudirman 2021 (dok PBSI)
Jakarta -

Pebulutangkis Putri Kusuma Wardani bertekad tampil terbaik di Piala Sudirman 2021. Dia ingin jawab kepercayaan pelatih dan orang-orang yang memilihnya.

Putri Kusuma Wardani terpilih menjadi wakil Indonesia di Piala Sudirman 2021. Dia mendampingi seniornya Gregoria Mariska Tunjung, dan atlet muda Ester Nurumi Triwardoyo melengkapi 20 atlet terbaik yang ditunjuk PP PBSI.

Bagi putri, tampil di kejuaraan beregu campuran bersama para seniornya adalah hal yang tak pernah ia duga. Makanya, pemain berusia 19 tahun ini tak ingin sekadar numpang lewat. Dia bertekad untuk menyumbang poin jika diberi kesempatan main.

"(Tidak tersirat) tapi pernah berkhayal saja (bisa mewakili Indonesia di Piala Sudirman). Jadi tak menyangka juga bisa masuk," kata Putri dalam jumpa pers virtual Selasa (14/9/2021).

"Terbebani enggak, tapi termotivasi ingin menunjukkan ke pelatih yang sudah memilih, dan orang-orang yang sudah memilih saya. Jadi ingin membuktikan saja," ujarnya.

Putri mengaku telah melakukan persiapan secara matang. Dia bahkan sudah siap tampil pada ajang yang berlangsung di di kota Vantaa, Finlandia, pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

"Persiapannya sejauh ini cukup baik semuanya. Tinggal kekurangan pada diri sendiri yang dibenahi dan kelebihannya ditambah lagi," ujar pemain ranking 136 dunia itu.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky menjelaskan alasan menunjuk Putri masuk dalam bagian dari tim. Salah satunya karena permainannya yang dinilai sudah konsisten. Selain Putri, atlet muda lainnya ialah Ester.

"Setelah latihan dan melihat lagi (mereka) lebih konsisten di situasi tertentu. Konsentrasinya untuk mau maju dan siap. Saya targetkan dia atau siapapun yang dihadapi harus siap," kata Rionny dalam kesempatan yang sama.

"Kami pernah mencoba mereka dengan melawan senior dan ternyata mereka bisa mengatasi situasi tersebut. Kami juga menilai mereka cukup siap untuk mendampingi Gregoria. Jadi bukan asal bawa. Yang kami pilih adalah yang terbaik untuk saat ini," Rionny menegaskan.

Putri Kusuma Wardani bersinar setelah berhasil membawa Indonesia juara di Kejuaraan Dunia Junior pada 2019 di Kazan, Rusia. Dia bahkan ikut dalam simulasi Piala Thomas dan Uber yang berlangsung pada September 2020.

Saat itu, ia berhasil mengalahkan para seniornya yang secara peringkat jauh di atasnya, seperti Ruselli Hartawan (ranking 42 dunia) dan Gregoria (21 dunia).

Tak sampai di sana, Putri juga mencuri perhatian ketika menjadi jawara di Spain Master 2021, sekaligus memecah kebuntuan prestasi tunggal putri sejak 2019 lalu. Terakhir kali tunggal putri juara melalui Fitriani di turnamen super 300 Thailand Masters.

(aff/aff)