Muhammad Rian Tinggal Jaga Kesehatan Jelang ke Piala Sudirman 2021

Mercy Raya - Sport
Selasa, 14 Sep 2021 18:55 WIB
Muhammad Rian Ardianto di PBSI Home Tournament.
Muhammad Rian Ardianto tinggal menjaga kesehatan menuju Piala Sudirman 2021. (Foto: dok.PBSI)
Jakarta -

Ganda putra Muhammad Rian Ardianto sudah siap tampil di Piala Sudirman 2021. Saat ini, ia dan rekan-rekannya tinggal menjaga kesehatan menjelang keberangkatan.

Piala Sudirman akan berlangsung di Kota Vantaa, Finlandia, pada 26 September sampai 3 Oktober 2021. Indonesia menurunkan 20 pemain terbaiknya pada kejuaraan beregu campuran tersebut. Rian merupakan salah satu yang diandalkan di sektor ganda putra.

Bersama Fajar Alfian, ia akan bertugas mendampingi dua pasangan lainnya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Mereka dijadwalkan bertolak ke Finlandia pada 21 September mendatang.

Rian mengatakan sejauh ini persiapannya menuju Piala Sudirman berjalan baik dan lancar. Saat ini fokusnya tinggal menjaga kesehatan dan jangan sampai cedera.

"Persiapannya untuk saat ini cukup baik. Setelah kembali dari (training camp) Olimpiade (Jepang, Juli lalu) kami sudah banyak latihan beban, penguatan tangan, dan latihan fisik. Jadi kami sudah lumayan siap," kata Rian dalam jumpa pers virtual Selasa (14/9/2021).

"Sekarang yang penting jaga kesehatan saja karena cuaca sekarang lagi kadang hujan, kadang panas, jadi yang penting jaga kesehatan. Lalu jaga kondisi juga. Kalau dari segi kesiapan sudah bagus semua," ujarnya.

Kesiapan itu pula yang membuat Rian percaya diri bisa sumbang poin seandainya ia dan Fajar diminta untuk tampil."Siap," tegas Rian.

Sementara itu, Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI Rionny Mainaky berharap tim Piala Sudirman bisa lebih memfokuskan lagi persiapannya di satu pekan terakhir sebelum berangkat ke Finlandia.

"Untuk persiapan tim Piala Sudirman sudah kami lakukan simulasi dan kami sudah berbicara dengan pelatih untuk melihat kesiapan akhir. Saya harap pekan ini mereka bisa lebih fokus lagi. Dari kondisi mereka juga tidak ada yang cedera, saya yakin untuk pekan ini kami bisa menjalani latihan yang lebih ketat lagi dan saya harap mereka sudah siap bertarung di Sudirman Cup," kata Rionny.

Indonesia terakhir kali menjadi jawara di Piala Sudirman pada 1989 atau pertama kali kejuaraan itu digelar di Jakarta. Saat itu, Indonesia mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Setelah itu, Merah Putih selalu gagal memulangkan Piala Sudirman.

Pada Piala Sudirman 2019, Indonesia terhenti di semifinal setelah kalah dari Jepang dengan skor 1-3. Satu-satunya poin disumbangkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan meraih medali perunggu.



Simak Video "Arsenal Bangkit, Tottenham Hotspur Loyo"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)