Menakar Lawan-lawan Indonesia di Fase Grup Piala Sudirman 2021

Mercy Raya - Sport
Minggu, 26 Sep 2021 06:30 WIB
Denmarks Viktor Axelsen competes against Guatemalas Kevin Cordon during their mens singles badminton semifinal match at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 1, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Viktor Axelsen dari Denmark bisa menjadi hambatan bagi Indonesia di Piala Sudirman 2021. Foto: (AP/Markus Schreiber)
Vantaa -

Indonesia akan menghadapi Rusia, Kanada, dan Denmark di fase grup Piala Sudirman 2021. Berikut peta kekuatannya.

Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia, dimulai hari ini, Minggu (26/9). Indonesia mengirim 20 atlet terbaiknya dalam upaya memenangi kejuaraan beregu campuran tersebut.

Tergabung di Grup C, skuad Merah Putih akan menantang Rusia, Kanada, dan Denmark. Nama terakhir menjadi lawan terkuat Indonesia dalam memperebutkan gelar juara grup. Bagaimanapun, Denmark termasuk tim dengan kekuatan seimbang saat ini.

Menukil BWF, Denmark memiliki dua tunggal putra terbaik yaitu Viktor Axelsen atau Anders Antonsen, yang saat ini menempati peringkat dua dan tiga dunia. Viktor bahkan baru saja menjuarai Olimpiade Tokyo 2020.

CHOFU, JAPAN - AUGUST 02: Gold medalist Viktor Axelsen of Team Denmark poses on the podium during the medal ceremony for the Men's Singles badminton event on day ten of the Tokyo 2020 Olympic Games at Musashino Forest Sport Plaza on August 02, 2021 in Chofu, Tokyo, Japan. (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)Axelsen baru saja memenangi Olimpiade Tokyo pada Agustus lalu. Foto: Getty Images/Lintao Zhang

Status itu pun membuat keduanya besar kemungkinan mendapat satu poin di setiap pertandingan. Sedangkan di ganda putra, Denmark bisa mengandalkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, atau kombinasi antara Mads Pieler Kolding, Niclas Nohr, Frederik Sogaard dan Mathias Thyrri.

Pada sektor tunggal putri, Denmark memiliki Mia Blichfeldt yang cukup menjadi andalan. Pemain ranking 12 BWF itu pernah menang sekali atas tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung dari tiga kali pertemuan. Kemenangan tunggal itu ia raih di Singapore Open 2019.

Selain Mia, Denmark juga mengandalkan Lini Christophersen yang telah mencapai empat final berturut-turut tahun ini. Di antaranya Orleans Masters, 2021 European Championships, Spain Masters, dan Denmark Masters.

Sedangkan di ganda putri dan ganda campuran, Denmark memiliki pasangan teratas ganda putri Maiken Fruergaard/Sara Thygesen dan Amalie Magelund/Freja Ravn. Di sektor ganda campuran Mathias Christiansen/Alexandra Bojedan Niclas Nohr/Amalie Magelund.

Selain Denmark, tim lawan lainnya yang memungkinkan bakal menyaingi Indonesia ialah Rusia. Hasil Piala Sudirman sebelumnya tidak bisa dianggap catatan biasa oleh Hendra Setiawan dkk.

Bagaimanapun, Rusia nyaris mengalahkan tim favorit Jepang dalam pertandingan grup kedua tim pada Piala Sudirman 2019.

Saat itu, tunggal putra mereka Vladimir Malkov sukses mengalahkan Kenta Nishimoto 21-18, 21-17, kemudian disusul ganda putra Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov yang berhasil merebut poin dari Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe 21-19, 21-16.

Meskipun akhirnya Rusia kalah 2-3 dari Jepang, namun hadirnya ketiga pemain itu pada Piala Sudirman tahun ini berpeluang menjadi batu sandungan bagi tunggal dan ganda putra Indonesia.

JAKARTA, INDONESIA - JULY 03:  Vladimir Ivanov and Ivan Sozonov of Russia compete against Kasper Antonsen and Niclas Nohr of Denmark during the Men's Doubles Round 1 match on day one of the Blibli Indonesia Open at Istora Gelora Bung Karno on July 3, 2018 in Jakarta, Indonesia.  (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)Vladimir Ivanov dan Ivan Sozonov merupakan ganda putra unggulan dari Rusia, yang pernah memenangi All England. Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto

Jangan lupakan pula pasangan ganda campuran teratas mereka, Rodion Alimov dan Alina Davletova yang memenangkan Kejuaraan Eropa pada Mei lalu, menjadikan mereka orang Rusia pertama yang memenangi kategori tersebut. Selain itu, masih ada tunggal putri Evgeniya Kosetskaya yang bisa saja membuat Rusia lolos dari fase grup.

Sementara itu, Kanada merupakan tim yang di atas kertas bisa dikalahkan Indonesia. Mereka akan tampil tanpa disokong pemain berpengalaman seperti Michelle Li, Jason Anthony Ho-Shue, Rachel Honderich, Kristen Tsai, Joshua Hurlburt-Yu, dan Josephine Wu.

Makanya, laga nanti bakal menjadi perjuangan yang sulit bagi Kanada. Kanada kemungkinan hanya mengandalkan Brian Yang dan BR Sankeerth yang akan menangani tanggung jawab tunggal putra. Brian Yang merupakan juara Denmark Masters 2021, XXIV Pan Am Individual Championships, dan Peru International.

Sementara Rachel Chan yang berusia 17 tahun, runner-up di Kejuaraan Perorangan Pan Am, kemungkinan akan mendapatkan kesempatan di acara tim besar pertamanya.

Simak video 'Siap-siap! Indonesia Hadapi Rusia di Piala Sudirman Malam Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/adp)