Piala Sudirman 2021: Putri KW Kalah, Indonesia 1-1 Denmark

Adhi Prasetya - Sport
Rabu, 29 Sep 2021 15:58 WIB
Putri Kusuma Wardani
Putri Kusuma Wardani kalah dari wakil Denmark, Mia Blichfeldt. Foto: Dok. PBSI
Vantaa -

Denmark berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat bertemu Indonesia di laga terakhir grup C Piala Sudirman 2021. Mia Blichfeldt berhasil mengalahkan Putri Kusuma Wardani lewat pertarungan tiga gim 11-21, 21-16, 14-21.

Bertanding di Energia Areena, Rabu (29/9/2021), Putri yang menghadapi peringkat 12 dunia langsung tertinggal 0-2. Salah pengamatan dari Putri dari bola pengembalian Blichfeldt menambah ketertinggalan menjadi 0-3.

Putri semakin tertinggal 0-5, saat pengembaliannya gagal melewati net. Namun poin pertama berhasil diraih, saat pukulan backhand-nya gagal dikembalikan dengan sempurna oleh Blichfeldt, mengubah skor menjadi 1-5.

Usai kecolongan poin itu, Blichfeldt tak memberi banyak kesempatan kepada Putri untuk mengembangkan permainan. Putri kembali hanya mendapat satu poin dari smash bola tanggung, mengubah skor menjadi 2-7.

Permainan menyerang Blichfeldt dengan mengandalkan pukulan-pukulan tajam membuat Putri kesulitan di awal. Meski Putri berhasil menambah dua poin, namun Blichfeldt menutup interval dengan keunggulan 11-4.

Putri coba menyerang usai interval. Dua poin didapat dari penempatan bola yang jitu ke sudut kiri lapangan dan juga drop shot yang tak bisa dijangkau Blichfeldt. Skor menjadi 7-12 saat pukulan netting Putri masuk tipis ke wilayah permainan Denmark.

Namun Blichfeldt dengan pengalamannya berusaha tenang dan kembali menjauh dengan keunggulan 14-7. Putri tak putus asa dan berhasil menambah dua poin juga, menjadi 9-14.

Putri mendapat poin ke-10 lewat smash tajam ke tengah lapangan yang jauh dari jangkauan Blichfeldt, namun hanya mengubah skor menjadi 10-17. Blichfeldt akhirnya tak bisa dihentikan dan menutup gim pertama dengan kemenangan 21-11.

Putri berhasil menandingi Blichfeldt di awal gim kedua, dengan saling mengejar skor, membuat kedudukan imbang 4-4.

Putri kemudian unggul 5-4, dan berubah menjadi 6-4 saat pengembalian Blichfeldt yang berusaha menjauhkan bola dari jangkauan Putri malah jatuh keluar. Blichfeldt sempat mengejar 5-6, namun smash menyilang dari Putri mengubah skor menjadi 7-5.

Putri berhasil menjauh dengan unggul 10-8, namun membuat dua kesalahan, mengubah skor menjadi 10-10. Sambaran Putri di depan net yang gagal dihalau Blichfeldt akhirnya menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-10.

Laga setelah interval kembali berjalan ketat, di mana skor imbang hingga 12-12. Pukulan menyilang Putri yang keluar dari lapangan kemudian mengubah skor menjadi 13-12 untuk Blichfeldt, namun Putri berhasil menambah empat angka beruntun, mengubah skor menjadi 16-13.

Kepercayaan diri Putri makin bertambah di sisa gim kedua. Ia mampu mengontrol laga, dan menutup dengan kemenangan 21-16.

Di gim penentuan, Blichfeldt tancap gas sejak awal, dengan unggul 6-0. Putri menipiskan jarak menjadi 2-7, namun Blichfeldt kembali menjauh menjadi 9-3. Blichfeldt kemudian menutup interval gim ketiga dengan keunggulan 11-3.

Putri coba mengejar usai interval dengan menambah dua poin. Smash tajamnya masuk di sisi kanan Blichfeldt, mengubah skor menjadi 5-11. Blichfeldt menjauh dengan 12-5, namun Putri mengejar lagi dengan mendapat empat poin beruntun, menjadi 9-12.

Blichfeldt gantian mendapat lima poin beruntun. Pengembalian Putri yang mengenai net mengubah skor menjadi 15-9. Adu net yang dimenangi Blichfeldt menambah skor menjadi 16-9, disusul smash tanggung yang mengubah skor menjadi 17-9.

Putri coba menipiskan jarak menjadi 12-18, namun pengembalian yang membentur net lagi-lagi memberi poin kepada Blichfeldt, 19-12. Meski sempat menambah dua poin, Putri akhirnya kalah 14-21 di gim ketiga.

Hasil ini membuat skor Indonesia vs Denmark sementara imbang 1-1. Anthony Sinisuka Ginting vs Anders Antonsen akan menjadi laga yang digelar selanjutnya.

(adp/cas)