Piala Sudirman: Indonesia Vs Malaysia, Bagaimana Kans Tim Merah Putih?

Mercy Raya - Sport
Jumat, 01 Okt 2021 16:10 WIB
Indonesias Gregoria Mariska Tunjung competes against Myanmars Thuzar Thet Htar during their womens singles badminton matchat the 2020 Summer Olympics, Sunday, July 25, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putri Indonesia, diprediksi akan dimainkan. (Foto: AP/Markus Schreiber)
Jakarta -

Indonesia akan menghadapi Malaysia dalam laga perempatfinal Piala Sudirman 2021. Selain tiga nomor ganda, PBSI mengandalkan tunggal putri untuk menyumbangkan poin buat tim Merah Putih.

Kabid Binpres PBSI Rionny Mainaky optimistis Indonesia mampu mengatasi tim Negeri Jiran karena melihat materi kekuatan para pemainnya.

"Saya yakin anak-anak bisa tampil maksimal dengan kekuatan kami. Di semua sektor, kami akan menampilkan kekuatan inti dan terkuat. Saya berharap semua pemain bisa main maksimal seperti kemarin saat melawan Denmark," kata Rionny dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/10/2021).

Menurut eks kepala pelatih Timnas Jepang ini, poin-poin kekuatan Indonesia akan terletak pada sektor ganda putra, ganda putri, ganda campuran, dan tunggal putri.

"Kami yakin, tetapi tidak boleh terlalu berlebihan. Saya punya keyakinan bisa mengatasi Malaysia," sebutnya.

Jika menukil kekuatan pemain Indonesia, PBSI berpeluang menurunkan Gregoria Mariska Tunjung, yang dinilai punya pengalaman dan ranking lebih bagus daripada dua pemain lainnya yang masih tergolong muda, yaitu Putri Kusuma Wardani dan Ester Wardoyo.

Piala Sudirman 2021Piala Sudirman 2021Fase gugur Piala Sudirman 2021. Foto: via BracketHQ

Pemain peringkat 21 dunia itu pun berpeluang menghadapi tunggal andalan Malaysia, Kisona Selvaduray. Keduanya punya catatan saling mengalahkan dalam dua pertemuan. Terakhir kali, Gregoria memang atas pemain ranking 53 dunia itu di Finnish Open 2018. Sedangkan pemain lain di luar Kosona, Karuphatevan Letshanaa, memiliki peringkat dunia yang jauh di bawah yaitu 776.

Untuk tunggal putra, Rionny menyebut bahwa kekuatan antara Indonesia dan Malaysia seimbang. Padahal, jika menilik prediksi pemain yang diturunkan, Malaysia berpeluang menurunkan Lee Zii Jia, yang kini perfomanya tengah naik menyusul hasil sejumlah turnamen belakangan.

Sementara jika melihat catatan rekor pertemuan Lee melawan Anthony Ginting, Jonatan Christie, maupun Shesar Hiren Rhustavito, nyaris semua pemain Indonesia unggul.

Anthony bahkan tercatat belum pernah kalah dalam tiga kali pertemuan dengan Lee, sedangkan Jonatan hanya kalah satu kali dari Lee dalam lima kali pertemuan. Sementara itu, Shesar pernah saling mengalahkan dengan Lee. Ia hanya selisih satu kemenangan dari lima pertemuan yang keduanya lakoni.

"Untuk tunggal putra, kekuatannya ramai. Meski begitu saya harapkan semua sektor bisa ambil poin," kata Rionny.

Pertandingan babak perempatfinal perebutan Piala Sudirman akan digelar pada Jumat (1/10). Indonesia bertemu Malaysia pada laga sore pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB.

(mcy/krs)