Piala Uber: Ester Kalah, Indonesia Ditekuk Jepang 0-5

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 12 Okt 2021 22:48 WIB
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Ester kalah di laga kelima oleh Aya Ohori. Foto: Yves Lacroix/Badminton Photo
Aarhus -

Indonesia menutup pertandingan terakhir di Grup A Piala Uber 2020 dengan kekalahan 0-5 atas Jepang. Ester Nurumi Tri Wardoyo yang turun di partai pamungkas takluk di tangan Aya Ohori dengan skor 14-21, 7-21.

Bermain di Ceres Arena, Selasa (12/10), Ester tak kuasa menahan serangan Ohori yang berperingkat 20 dunia. Di set pertama, Ester hanya mampu menahan imbang saat skor masih 1-1. Setelahnya, Ohori melaju jauh hingga unggul 6-1.

Ester sempat mendekati dengan skor 3-6, namun Ohori akhirnya menutup interval dengan keunggulan 11-5. Selepas interval, Ester berhasil mendapat empat poin beruntun, menipiskan jarak lagi menjadi 9-11.

Keduanya lantas saling berebut poin dengan sengit, dan Ester hanya tertinggal 14-16. Namun Ohori berhasil menambah lima poin beruntun, menutup set pertama dengan skor 21-14.

Pada set kedua, Ohori terus unggul atas Ester, meski lawannya itu terus memberi perlawanan. Perolehan poin Ohori perlahan unggul meninggalkan Ester, mulai dair 3-2, kemudian menjadi 6-3, dan menutup interval dengan skor 11-5.

Selepas interval, Ohori langsung menambah 4 poin beruntun, menjadi unggul 15-5. Satu pukulan Ester berhasil masuk ke area kiri permainan Ohori, mengubah skor menjadi 6-15. Namun Ohori membuat jarak kembali menjadi 10 poin, setelah permainan di depan net yang ia lakukan gagal diantisipasi Ester.

Ohori terus menambah poin meninggalkan Ester dengan skor 20-7. Satu pengembalian Ester yang membentur net memastikan kemenangan Ohori 21-7 di set kedua.

Dengan hasil ini, Jepang menyempurnakan kemenangan atas Indonesia dengan skor 5-0, dan lolos ke perempatfinal dengan menjadi juara grup A, sedangkan Greysia Polii dkk melaju ke delapan besar sebagai runner-up grup.

(adp/pur)